Sukses

Zimbabwe Rayakan Berakhirnya 37 Tahun Kekuasaan Robert Mugabe

Liputan6.com, Harare - Fakta tentang kehidupan elite nan tajir Zimbabwe, termasuk putra mantan diktator Robert Mugabe, dinilai menunjukkan bahwa kesengsaraan ekonomi negara tersebut tidak memengaruhi semua orang.

Mugabe sudah mengundurkan diri pada Selasa, 21 November waktu setempat, mengakhiri 37 tahun kekuasaannya. Keputusannya disambut sukacita di seluruh negeri. Perayaan berlangsung di jalan-jalan ibu kota Harare.

"Saya bergembira bagi diri saya sendiri, buah hati saya dan seluruh bangsa. Putri saya akan tumbuh di Zimbabwe yang kondisinya lebih baik," kata Mildred Tadiwa yang turun ke jalan bersama bayinya yang berusia lima bulan, seperti dikutip dari The Guardian pada Rabu (22/11/2017).

Yang lainnya mengatakan, "Kami super bahagia! Sudah waktunya bagi darah baru. Saya 36 tahun dan telah menunggu momen ini di sepanjang hidup saya, selama ini saya hanya kenal satu pemimpin," ujar William Makombore.

Warga Zimbabwe menari dan bernyanyi menyambut pengunduran diri Presiden Robert Mugabe di sebuah persimpangan pusat kota Harare, Selasa (21/11). Mugabe sebelumnya menolak untuk mengundurkan diri, meski ada pengambilalihan militer pekan lalu (AP/Ben Curtis)

Keriangan ini didasarkan pada kenyataan bahwa selama berkuasa, di atas penderitaan rakyatnya, Mugabe, keluarga, serta kroninya diyakini telah membangun kekayaan pribadi yang luar biasa dari hasil tambang berlian negara itu. Dan tanpa ragu mereka memamerkan berbagai kemewahan melalui media sosial.

Putra-putra Mugabe, Robert Jr (25) dan Bellarmine Chatung (21), adalah di antaranya yang senang unjuk harta di media sosial. Sementara, Grace Mugabe, sang Ibu Negara, dilaporkan menghabiskan banyak uang untuk membeli barang-barang branded hingga ia dijuluki "Gucci Grace".

Pada 2003, Grace dikabarkan menghabiskan dana sebesar US$ 131 ribu selama berbelanja di Paris.

Seperti dilansir news.com.au, kekayaan Robert Mugabe dikabarkan bernilai lebih dari US$ 1 miliar. Ini dianggap fantastis, mengingat negara yang dipimpinnya tergolong salah satu negara termiskin di dunia.

Kediaman Mugabe di Harare memiliki lebih dari 25 kamar tidur. The Citizen melaporkan bahwa rumah tersebut seharga lebih dari US$ 9 juta.

Tak hanya itu, pria yang berusia 93 tahun tersebut juga punya sejumlah properti di luar negeri termasuk di Malaysia, Hong Kong, Swiss, dan Kepulauan Channel.

Menurut kabel diplomatik Amerika Serikat tahun 2001 yang dirilis WikiLeaks, Mugabe memiliki aset sekitar US$ 1,75 miliar yang sebagian besar diinvestasikan di luar Zimbabwe.

Robert Mugabe telah berulang kali dituduh mencuri uang kas negara dan tanah seluas 15 hektare selama tahun 1990-an dan 2000.

Jeffrey Smith, Direktur Eksekutif kelompok demokrasi Vanguard Africa, mengatakan kepada Money, "Sudah lama dicurigai bahwa Robert Mugabe, keluarganya, dan kroninya telah 'mencelupkan tangan mereka' ke kas negara atau menjarah kekayaan sumber daya alam Zimbabwe yang luar biasa demi keuntungan mereka sendiri."

1 dari 2 halaman

Elite Muda Bergelimang Harta

Bona Mugabe (29) merupakan anak pertama dari pernikahan Mugabe dengan Grace Mugabe. Perempuan ini disebut menempuh pendidikan di University of Hong Kong di mana menurut Time keluarga itu memiliki properti senilai US$ 6,6 juta.

Meski demikian, kritik atas gaya hidup mewah banyak ditujukan pada adik laki-laki Bona. Awal tahun ini, anak bontot Mugabe, Bellarmine Chatung, mengunggah sebuah foto arloji dengan caption, "US$ 60 ribu di pergelangan tangan ketika ayah Anda memerintah sebuah negara!!!"

Postingan putra Mugabe, Bellarmine Chatung, yang memamerkan arloji senilai US$ 60 ribu (Instagram/Bellarmine Chatung)

Tak lama, muncul sebuah video di mana Chatung menyiram arlojinya dengan sampanye Armand de Brignac seharga US$ 400.

Pada September 2017, putra sulung Grace Mugabe, Russel Goreraza (33), dilaporkan mengimpor dua limusin Rolls Royce ke Zimbabwe. Adapun Robert Jr mengunggah gambar sepatu bot yang ia klaim senilai US$ 17 ribu. Ia juga dikabarkan memiliki mobil menyerupai yang digunakan Batman.

Anak dari kroni Mugabe juga "kecipratan" kemewahan. Mereka pun memamerkannya di media sosial. Salah satunya adalah Sidney Hambira Jr, putra dari seorang pebisnis yang dekat dengan Mugabe.

Hambira Jr pernah mengunggah sebuah gambar yang menunjukkan ia tengah berada di mobil Jaguar sembari memegang botol sampanye. Elite muda lainnya adalah Wicknell Chivayo, putra dari Isaac Mathias Chivayo, pengusaha kontroversial yang dekat dengan keluarga Mugabe.

Ada pula pebisnis Genius Kadungure (33) yang memamerkan gaya hidup mewahnya di media sosial dengan merinci biaya pesta spektakulernya.

Ellen Vannessa Chironga dan saudaranya, Michelle Chiyangwa, juga bukan sosok asing dalam dunia sosialita Zimbabwe. Mereka adalah anak dari politikus sekaligus pengusaha properti Philip Chiyangwa yang diyakini sebagai kerabat Mugabe.

Kini, pasca-pengunduran dirinya, tidak ada penjelasan tentang bagaimana nasib Mugabe, istri, serta keluarganya.