Sukses

Video Ini Rekam Detik-Detik Hancurnya Stadion Bersejarah, tapi...

Georgia Dome di Atlanta, Amerika Serikat, sudah menjadi tuan rumah dari 1.400 acara yang dihadiri oleh 37 juta orang.

Liputan6.com, Atlanta - Sebuah stadion yang menjadi saksi bisu bagi sejumlah momen bersejarah di dunia olahraga dihancurkan pada Selasa, 21 November 2017. Sejumlah juru kamera pun telah bersiap untuk merekam detik-detik hancurnya bangunan itu.

Stadion tersebut, Georgia Dome, di Atlanta, Amerika Serikat (AS), telah berdiri selama 25 tahun. Bangunan itu sudah menjadi tuan ruah dari 1.400 acara yang dihadiri oleh 37 juta orang, termasuk turnamen bola basket pada Summer Olympics atau Olimpiade Musim Panas 1996.

Dilansir dari News.com.au, Selasa (21/11/2017), meski Georgia Dome berdiri sebagai stadion tertutup terbesar kedua di dunia saat dibuka pada 1992, bangunan tersebut menghadapi "kehancuran" saat Georgia membangun Mercedes-Benz Stadium, yang dibuka awal tahun ini.

Para petugas hanya butuh sekitar 15 detik dengan menggunakan 2.000 kg bahan peledak untuk menghancurkan stadion tersebut menjadi puing-puing. Banyak orang ingin melihat detik-detik saat Dome dihancurkan dari sudut yang sempurna.

Berikut detik-detik runtuhnya Stadion Georgia Dome:

Namun, seorang juru kamera yang kurang beruntung dari Weather Channel, harus merelakan kesempatan untuk merekam peristiwa langka itu. Rencananya untuk merekam kejadian tersebut dari sudut yang sempurna menjadi gagal karena terhalang oleh sebuah bus yang tiba-tiba berhenti di depannya.

Saat hitungan mundur dimulai dan ledakan pertama sudah terdengar, sebuah bus Atlanta berhenti tepat di tengah gambar yang sedang diambil oleh kamerawan. Dalam sebuah rekaman, kamerawan itu terdengar mengatakan sejumlah umpatan. (Affifa Zahra)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stadion Sepak Bola Mottaqi Roboh Mendadak

Runtuhnya stadion olahraga pernah terjadi pada 2001. Namun, berbeda dengan hancurnya stadion di Atlanta, runtuhnya Stadion Mottaqi di Kota Sari, Provinsi Mazandaran, Iran, itu terjadi tak disengaja.

Puluhan pendukung sepak bola tewas dan ratusan lainnya luka-luka ketika atap stadion runtuh. Parahnya, peristiwa itu terjadi saat pertandingan sepak bola antara dua kesebelasan lokal Iran tengah berlangsung.

Lebih dari 20 ribu suporter memenuhi stadion saat kesebelasan Iran Persepolis berlaga melawan Shemooshak. Musibah terjadi hanya beberapa menit setelah paruh kedua pertandingan.

Atap stadion runtuh secara tiba-tiba dan menimpa barisan tempat duduk penonton. Tak ayal, ribuan penonton panik dan segera berusaha menyelamatkan diri. Mereka berlarian dengan panik dan merusak pagar pembatas agar bisa mencapai lapangan yang lebih aman.

Kantor berita resmi Iran menyebutkan jumlah korban mencapai ratusan. Namun mereka tidak memberikan rincian jumlah yang luka dan tewas.

Sementara itu, sejumlah saksi mata dan petugas menduga kecelakaan itu diakibatkan kondisi stadion yang tua kurang terawat yang terlalu dipenuhi penonton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.