Sukses

3 Foto Ulang Tahun Pernikahan ke-70 Ratu dan Pangeran Inggris

Liputan6.com, London - Tepat pada hari ini, 20 November 2017, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip merayakan ulang tahun pernikahan yang ke-70.

Perayaan ini diabadikan melalui tiga buah foto yang dirilis pada Minggu 19 November 2017.

Dilansir dari laman The Guardian, Senin (20/11/2017), kedua pasangan itu berfoto dengan latar belakang abu-abu di White Drawing Room, Kastil Windsor, London pada awal November. Matt Holyyoak dari Camera Press bertindak sebagai fotografer pada sesi pemotretan.

Pada foto pertama di atas, sang ratu yang berseri-seri sedang duduk di sebuah kursi emas dengan tangan terlipat di atas paha. Wanita berusia 91 tahun itu mengenakan gaun kuning rancangan Angela Kelly.

Bros kumbang berwarna campuran emas kuning, merah delima dan berlian pemberian Andrew Grima pada 1996, turut tersemat di bagian atas dada kirinya.

Sementara itu, Pangeran Philip terlihat berdiri tegak di samping pasangannya, sembari memasukkan tangan kiri ke saku celana.

Foto tersebut dibingkai menyerupai potret khas Raja George III dan Ratu Charlotte, pasangan Kerajaan Inggris lain dari abad ke-18 yang memiliki usia pernikahan panjang (57 tahun).

Foto Ulang Tahun Pernikahan ke-70 Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip (AP/Matt Holyoak)

Pada potret lainnya, kedua pasangan saling berdiri berdampingan, seperti yang tampak pada foto di atas. Pangeran Philip terlihat menatap lembut sang istri.

Sementara itu di gambar ketiga di bawah ini, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip berpose 'formal', dengan berdempetan sembari menatap lurus kamera.

Foto Ulang Tahun Pernikahan ke-70 Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip (AP/Matt Holyoak)

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip adalah pasangan Kerajaan Inggris pertama yang merayakan ulang tahun pernikahan platinum (ke-70). Mereka menikah di Westminster Abbey pada 20 November 1947.

Sang Ratu sendiri tercatat sebagai penguasa monarki terlama sepanjang sejarah Inggris, melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh Ratu Victoria. Ia berstatus sebagai putri belia berusia 21 tahun pada saat menikah.

Pada sisi lain, sang pasangan Pangeran Philip juga dikenal sebagai pendamping resmi keluarga kerajaan terlama. Ia menikahi Ratu Elizabeth II pada usia 26 tahun. Ketika itu, kakek berusia 96 tahun tersebut bertugas untuk Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mahligai yang Dirundung Suka dan Duka

Bersama-sama pasangan suami istri itu telah melewati perayaan ultah pernikahan emas, perak dan berlian. Kedua pasangan juga sudah banyak berjuang melewati pasang-surut kehidupan bersama.

Serangkaian peristiwa besar terjadi di masa pemerintahan Ratu Elizabeth II, seperti tiga kasus perceraian dari empat anak mereka. Wafatnya Putri Diana selaku Princess of Wales pada 1997 juga turut menjadi gejolak di kehidupan dua pasangan tersebut.

Kini, mereka tengah bersiap menyambut kedatangan cicit baru keenam, yang juga merupakan anak ketiga dari pasangan Duke and Duchess of Cambridge.

Saat ini, Elizabeth II dan Philip telah memiliki lima cicit serta delapan cucu dari empat anak mereka: the Prince of Wales, the Princess Royal, the Duke of York, the Earl of Wessex.

Berbeda dengan perayaan ulang tahun berlian mereka pada 2007 yang dihelat bersama masyarakat luas, perayaan kali ini digelar secara pribadi bersama dengan keluarga kerajaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini