Sukses

Lagi, Tim Secret Service Gagalkan Penyusup Gedung Putih

Saat kejadian berlangsung, Presiden Donald Trump dilaporkan tengah berada dalam Gedung Putih.

Liputan6.com, Washington D.C - Aksi seorang pria yang hendak melompati pagar di halaman Gedung Putih berhasil digagalkan oleh pasukan Secret Service.

Insiden yang terjadi pada Minggu, 19 November 2017 pukul 08.00 waktu setempat tersebut bukanlah yang kali pertama. Sudah ada beberapa kejadian serupa yang juga dapat digagalkan.

Dilansir dari laman UPI, Selasa (21/11/2017), pria yang tak disebutkan namanya itu berhasil ditahan oleh petugas.

"Seorang pria berhasil diamankan setelah kedapatan ingin menyusup masuk ke area dalam Gedung Putih. Ia nekat melompati pagar," tulis Twitter pribadi milik Gedung Putih @WhiteHouse.

Beberapa hari belakangan, kawasan tersebut sempat tertutup untuk pejalan kaki. Identitas pelaku pun tak diungkapkan oleh Secret Service.

Saat kejadian berlangsung, Presiden Donald Trump dilaporkan tengah berada dalam Gedung Putih.

Kejadian serupa juga pernah terjadi pada Oktober 2014. Kala itu, bukan tim Secret Service yang menggagalkan upaya penyusupan, melainkan seekor anjing.

Seorang pria berusaha menyusup ke Gedung Putih Amerika Serikat pada malam itu. Aksinya berhasil digagalkan anjing milik Secret Service. Pelakunya tak berkutik setelah diserang kawanan hewan penjaga tersebut.

"Anjing-anjing itu menyerang si penyusup," kata juru bicara Secret Service Amerika Serikat, Edwin Donovan.

Edwin mengidentifikasi penyusup sebagai Dominic Adesanya, pria berusia 23 tahun dari Bel Air, Maryland. Ketika ditangkap, Dominic sama sekali tidak bersenjata.

"Individu langsung dibawa ke ruang tahanan di halaman Utara Gedung Putih oleh Secret Service berseragam, tim Division K-9, dan Division Officers," ucap Donovan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anjing Khusus

K-9 mengacu pada tim menggunakan anjing terlatih khusus. "Pria itu kemudian dibawa ke rumah sakit untuk diperiksa," ucap juru bicara itu.

Pelanggaran keamanan teranyar di Gedung Putih terjadi pada hari yang sama ketika seorang pria bersenjata menyerang parlemen Kanada di Ottawa.

Pada tayangan video yang ditunjukkan ke publik, terlihat agen Secret Service mengepung pria itu di halaman utara Gedung Putih, yang akhirnya disterilkan selama sekitar 90 menit. Pria itu juga terlihat meninju salah satu anjing penjaga.

"Dua anjing milik Secret Service Agent dibawa ke dokter hewan, akibat cedera dalam insiden itu," ucap Donovan.

Insiden ini terjadi kira-kira sebulan setelah penyusup bersenjata dengan pisau memanjat pagar Gedung Putih. Hal itu Memunculkan pertanyaan tentang tingkat keamanan di kompleks yang dijaga ketat dan memicu pengunduran diri Kepala Secret Service Julia Pierson.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.