Sukses

Dituduh Lecehkan 7 Wanita, Akankah Bush Senior Terima Hukuman?

George HW Bush dituduh telah menyentuh tujuh perempuan di bagian privat mereka.

Liputan6.com, Houston - Tuduhan bahwa Presiden ke-41 AS, George HW Bush, telah menyentuh bagian privat tujuh perempuan dapat dikenakan denda atau hukuman penjara.

Namun, enam dari tujuh kasus tersebut tak memenuhi syarat di bawah undang-undang negara yang membatasi kapan sebuah tuntutan dapat diajukan. Sejumlah pengacara pun mengatakan akan sulit untuk memenangkan perkara tersebut atas Bush -- saat ini ia menderita penyakit parkinsonisme vaskular.

"Anda masih ingin menuntut seorang pria berusia 93 tahun berkursi roda yang merupakan mantan presiden (?). Saya ragu apakah Anda bisa menemukan dewan yang mau menghukumnya," ujar seorang pengacara yang sebelumnya bekerja sebagai jaksa penuntut di Dallas, Toby Shook.

Hingga kini, tidak ada indikasi bahwa para penuntut akan mengajukan kasus melawan Bush senior itu.

Salah seorang perempuan yang mengaku pernah dilecehkan Bush menuduh bahwa mantan Presiden AS itu pernah menyentuh bokongnya dalam kesempatan foto bersama saat melakukan penggalangan dana kampanye pada 1992 -- saat itu Bush masih menjabat sebagai presiden.

"Jarak kami semakin dekat dan saat itu ia (memegang bokongku) dan meremasnya perlahan," ujar dia kepada CNN.

Dikutip dari News.com.au, Jumat (17/11/2017), kala itu ia mengira apa yang dilakukan Bush kepadanya hanya sebuah ketidaksengajaan. Namun, munculnya sejumlah tuduhan baru-baru ini membuatnya memikirkan kembali tentang kejadian tersebut.

"Semua berfokus bahwa saat ini dia sudah tua. Oke, tapi ia tidak setua itu kala hal tersebut terjadi kepadaku," kata perempuan tersebut, di mana ceritanya mirip dengan enam kasus lain.

Insiden tersebut terjadi di tiga negara bagian selama sepuluh dekade. Dalam semua kasus, para perempuan mengatakan bahwa Bush menyentuh bokong mereka saat berdiri di sampingnya dalam kesempatan foto bersama.

Atas sejumlah tuduhan yang diterimanya, George HW Bush mengeluarkan permintaan maaf melalui juru bicaranya, Jim McGrath.

"Ia sekali lagi meminta maaf kepada siapa pun yang telah tersinggung dalam kesempatan berfoto," ujar McGrath.

McGrath juga menambahkan bahwa karena penggunaan kursi roda, lengannya berada di pinggang bawah orang-orang yang diajaknya berfoto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Para Korban George HW Bush

Aktris Heather Lind merupakan perempuan pertama yang menuduh Bush telah meremas bagian privat tubuhnya. Lewat posting-an Instagram pada 24 Oktober, ia menulis bahwa Bush telah menyentuhnya dari belakang dan menyampaikan candaan nakal saat berpose untuk foto bersama.

Enam perempuan lain pun mengungkap perilaku tak menyenangkan yang mereka terima dari Bush. Salah satunya adalah Roslyn Corrigan, yang mengatakan kepada majalah Time bahwa Bush telah memegang dan meremas bokongnya pada 2003 dalam kesempatan foto bersama.

Aktris Broadway, Megan Elizabeth Lewis, mengatakan kepada NJ.com bahwa Bush pernah memegang bokongnya saat tampil di sebuah drama musikal di Houston pada 2009.

Empat insiden itu dilaporkan terjadi di Texas. Di negara bagian tersebut, seseorang yang memegang bokong orang lain kemungkinan akan menghadapi tuduhan penyerangan ringan, dengan denda sebesar US$ 500.

Di Maine, Bush diduga melakukan hal tersebut kepada dua perempuan. Menurut seorang pengacara, Walt McKee, tuduhan tersebut dapat dikenakan tuduhan penyerangan seksual yang membuat seseorang dapat dikenai hukuman penjara selama setahun.

Sementara itu, di Pennsylvania, di mana seorang pensiunan wartawan surat kabar telah menuduh Bush menyentuhnya dalam sebuah acara di Eerie, undang-undang soal perbuatan tak senonoh dapat diberlakukan.

Bush yang menjabat presiden dari 1989 hingga 1993 merupakan seorang tokoh yang sangat dicintai di Texas dan Maine, dua negara bagian tempatnya tinggal.

Dua hari setelah perempuan pertama menuduh Bush telah melakukan pelecehan terhadapnya, Wali Kota Houston Sylvester Turner mengetwit bahwa Bush adalah seorang negarawan dan teladan baginya.

Beberapa hari kemudian, Bush bergabung dengan anaknya, mantan Presiden George W Bush, untuk membuka World Series Game 5 -- pertandingan bisbol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.