Sukses

4 Orang di Thailand Tewas Secara Misterius, Dibunuh Hantu?

Liputan6.com, Nong Kung Si - Petugas kesehatan masyarakat, termasuk seorang dokter dan psikolog, didatangkan ke sebuah desa di Nong Kung Si, Kalasin, Thailand. Hal itu dilakukan setelah terdapat rumor adanya hantu porb yang sudah membunuh empat orang di desa tersebut.

Di Thailand, hantu porb adalah sesosok arwah yang menjelma menjadi manusia di pagi hari dan memakan organ tubuh mangsanya mentah-mentah di malam hari.

Dikutip dari The Nation, Rabu (15/11/2017), sebagian warga di Moo 3, Moo 8 dan Moo 11 -- Moo setingkat dengan RW  -- di Desa Tambon Nong Suang sudah memanggil pendeta untuk mengadakan upacara pengusiran makhluk halus tersebut.

Prasit Singhamat, ketua dari Moo 3, mengatakan bahwa ritual tersebut membuat warga merasa lebih tenang dan sudah merasa tidak khawatir. Sebagian besar dari mereka terlihat tersenyum lebar setelah menghadiri ritual tersebut.

Sebuah tradisi di Thailand timur laut percaya bahwa hantu tersebut adalah arwah yang menghantui korban dan kemudian memakan organ dalamnya hingga mereka tewas. Hantu tersebut biasanya adalah arwah seorang wanita.

Atas dasar kepercayaan ini lah para warga meyakini arwah tak tenang tersebut sebagai tersangka utama dari kejadian kematian yang menyebabkan empat orang meninggal.

Kepala dari Tim Kesehatan Masyarakat, Dr Pairat Songkhram, yang juga seorang spesialis pengobatan pencegahan, mengatakan bahwa para petugas akan melihat lebih dalam tentang kasus kematian tersebut secara ilmiah. Para psikolog juga akan mewawancara keluarga dari empat korban tersebut.

Pairat mengatakan bahwa ia juga menginstruksi anggota tim untuk tidak mengatakan sesuatu yang dapat menyinggung perasaan dan kepercayaan warga desa. (Affifa Zahra)

 

1 dari 2 halaman

Polisi Thailand Diminta Tangkap Hantu Pemakan Organ Sapi

Kejadian serupa juga pernah terjadi di provinsi Amnat Charoen, Thailand, tepatnya pada Juli 2017.

Pada saat itu, kepolisian Kerajaan Thailand mendapatkan telepon dari sejumlah warga untuk menjalankan misi pencarian hantu perempuan.

Media lokal Khaosod English melaporkan, para petugas diminta mencari hantu bernama phi pob yang dituduh membunuh empat sapi dan menyebabkan empat polisi perbatasan sakit.

Tokoh masyarakat di desa itu menyebut kehadiran polisi penting untuk menguatkan mental warga, mencegah kepanikan, dan mendorong warga untuk tetap beraktivitas seperti biasa.

Kepala kepolisian setempat, Adul Chaiprasithikul, mengatakan bawahannya telah memulai patroli. "Mayoritas warga di kawasan itu mempercayai keberadaan sosok phi pob," kata dia.

Sosok phi pob diyakni mampu merasuki manusia dan mendatangkan malapetaka. Menurut pemberitaan Khaosod, setiap tahun selalu ada laporan warga tentang ulah sosok itu.

Sebelumnya, pada 2016, tiga orang yang kerasukan phi pob dilaporkan menodongkan pisau dan memaksa anggota keluarga serta tetangga mereka melepaskan pakaian hingga telanjang.

Fenomena phi pob belakangan dibawa ke layar lebar melalui film berlisensi dengan judul Baan Phi Pob.

  • Thailand
    Negara di Asia yang terkenal dengan kuliner lezat, serta dijuluki negeri gajah putih dan negeri seribu pagoda.
    Thailand
  • Hantu