Sukses

Menang Miss International 2017, Nama Kevin Lilliana Mendunia

Liputan6.com, Tokyo - Setelah melewati perjuangan dan proses karantina yang panjang, Puteri Indonesia Lingkungan 2017, Kevin Lilliana, berhasil membawa pulang mahkota Miss International 2017 ke pangkuan ibu pertiwi.

Kontes kecantikan yang dinaungi oleh The International Culture Association itu pertama kali diadakan pada tahun 1960 dan menjadi salah satu ajang pencarian Ratu Sejagad tertua di dunia.

Berlangsung di Kota Tokyo, ajang Miss International tahun ini diikuti oleh 69 negara dari seluruh dunia.

Kevin Lilliana yang merupakan juara ke-2 Puteri Indonesia 2017, berhasil mencatatkan sejarah kemenangan Miss International untuk yang pertama kalinya.

Tampak cantik dalam balutan busana rancangan desainer kondang Ivan Gunawan, wanita berusia 21 tahun itu tampil mulus dalam setiap babak penjurian.

Pada mulanya, nama Indonesia berhasil masuk dalam jajaran 15 besar yang kemudian berhasil menembus delapan besar.

Dalam sesi delapan besar, Kevin sempat menyampaikan pidato singkat soal Bhinneka Tunggal Ika.

Ia menyampaikan pesan persatuan warga Indonesia yang tinggal dan hidup berdampingan meski terdiri dari ribuan suku bangsa.

Hal ini tampak sejalan dengan misi Miss International Organization yang ingin menyatukan dunia dan hidup secara damai.

Ternyata, semarak dan rasa haru warga Indonesia terdengar hingga luar negeri. Dunia internasional turut memberitakan kemenangan Indonesia di ajang tersebut.

ABS CBN misalnya, media asal Filipina itu bahkan menulis sepenggal kalimat yang diucapkan oleh Kevin tak lama setelah dimahkotai tiara Mikimoto tersebut.

"Saya tak pernah menyangka. Ini seperti mimpi yang jadi kenyataan," ujar Kevin. Demikian dikutip dari ABS CBN dalam artikelnya "Indonesia wins Miss International 2017".

Media Filipina lain yang turut memberitakan kemenangan Kevin adalah Rappler. Lewat artikel bertajuk "5 things to know about Kevin Lilliana, Miss International 2017", Rappler menulis lima hal yang harus Anda ketahui tentang Miss International yang baru.

Salah satu poin yang ditulis ialah nama Kevin terinspirasi dari pemeran film Home Alone, yaitu Kevin McCallister. Selain itu, Kevin juga tercatat sebagai mahasiswi jurusan Desain Interior di Universitas Kristen Maranatha

Nama Kevin Liliana juga terdengar hingga Pakistan. Dailypakistan.com menulis sebuah artikel berjudul "Indonesia’s Kevin Lilliana wins Miss International 2017", dara cantik itu berhasil unggul dari 68 wanita cantik lainnya.

Media itu juga menulis daftar pemenang lain, seperti Miss Curacao, Venezuela, Australia, dan Jepang.

Situs berita asal India juga menjelaskan prestasi lain yang diberhasil dibawa pulang oleh Kevin. Selain berhak atas mahkota Miss International, Kevin juga dianugerahi penghargaan Miss Best Dresser atau busana terbaik. Demikian ditulis oleh India Today lewat artikel berjudul "Indonesian beauty queen crowned Miss International 2017".

Saat diumumkan sebagai pemenang, Kevin Liliana tampak tak bisa menahan tangis. Air matanya mengalir membasahi pipi. Pemenang tahun lalu, Kylie Verzosa, dari Filipina pun datang menghampiri untuk memahkotai Kevin Lilliana.

1 dari 2 halaman

Salah Sebut, Miss Colombia Batal Menang Miss Universe

Bicara soal ajang kecantikan, tentu akan ada kejadian-kejadian yang lucu, sedih, dan bahagia. Salah satu sorotan dunia yang sempat terfokus pada ajang pemilihan ratu kecantikan terjadi pada 2015, tepatnya pada ajang Miss Universe.

Final Miss Universe 2015 ditutup dengan kejadian mengejutkan sekaligus canggung. Miss Colombia dinobatkan sebagai pemenang, tapi ternyata pembawa acara menyebutkan nama yang salah.

Kontes kecantikan yang digelar di Las Vegas paling ditonton di dunia itu berakhir dengan kejutan dan air mata, ketika Miss Colombia gagal menjadi juara satu, dan gelar tersebut jatuh ke Miss Philippines, Ariadna Gutierrez.

Miss Colombia sudah dimahkotai dan menerima bunga serta momen kemenangan di panggung. Ketika Ariadna membungkuk mengucapkan terima kasih pada kawan-kawan seperjuangannya di panggung, Steve Harvey, pembaca acara, mengatakan, "Saya harus minta maaf" disambut teriakan riuh rendah dari penonton.

"Runner-up pertama adalah Colombia," ungkap Harvey. Dengan kata lain, Miss Colombia bukan juara pertama, melainkan juara kedua.

Penonton pun terpaku, sedangkan Miss Philipphines Pia Wurtzbach berjalan menuju tengah panggung sembari terlihat bingung.

Video rekaman kesalahan Harvey itu menjadi viral di media sosial, dan menjadikan Harvey bahan kritik para pengguna baik yang mengikuti ajang Miss Universe maupun yang tidak.