Sukses

Warganet: Piala Dunia Tanpa Italia, Bagai Piza Tak Berkeju

Liputan6.com, Roma - Bagaimana kehadiran Piala Dunia 2018 tanpa Italia? Pada awalnya, mungkin banyak pencinta sepak bola yang tak bisa menduganya.

Namun, begitulah faktanya kini. Kekalahan atas Swedia dengan skor agregat 0-1 pada babak kualifikasi, telah membuat tim nasional Italia gagal melangkah ke partai puncak di Rusia.

Dilansir dari BBC pada Rabu (15/11/2017), ragam komentar bermunculan untuk menanggapi peristiwa itu. Kata-kata seperti "tak dapat dipercaya", "terkejut", "kehancuran", dan "aib" banyak dipakai demi mengungkapkan kegagalan Gli Azzuri untuk pertama kalinya melenggang ke Piala Dunia sejak 1958.

"Tak dapat kupercaya. Piala Dunia tanpa Italia bagai piza tak berkeju," tulis salah seorang pendukung Italia.

Dengan cepat tulisan itu segera dibalas, "Ada banyak piza yang dibuat tanpa keju."

Aktor dan presenter kenamaan Italia, Paolo Ruffini, juga ikut memberikan tanggapan di dunia maya. Dia memberikan reaksi atas kekalahan Gianlugii Buffon cs tadi dengan mempertanyakan, "Apa yang harus aku perbuat pada musim panas nanti?"

Hashtag #Italiafuoridaimondiali -- yang memiliki arti "Italia berada di luar Piala Dunia" -- telah digunakan lebih dari 2.500 kali di Twitter. Warganet setempat juga turut melontarkan kemarahannya di dunia maya kepada pelatih timnas Italia Gianpiero Ventura dan Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Carlo Tevecchio.

1 dari 2 halaman

Berduka dan Simpati

Alasan lain turut diberikan demi menanggapi kegagalan timnas Italia itu.

Warganet Rusia ikut memberikan pendapatnya, dengan mengatakan bahwa banyaknya pemain asing yang berlaga di kompetisi lokal Serie A telah membuat sepak bola Italia "rusak".

Di luar banyaknya kecaman yang bermunculan, warganet juga turut melontarkan simpati kepada kapten tim, Gianluigi Buffon, yang mengumumkan gantung sepatu dari timnas usai pertandingan melawan Swedia.

"Saya lebih sedih melihat Buffon pensiun dari timnas dibanding melihat rumah saya kebanjiran," ungkap salah satu penggemar.

Kiper Juventus itu tercatat telah membela timnas Italia sejak 1997, dengan koleksi 175 caps.

Simpati tak hanya diberikan pada Buffon. Ucapan terima kasih turut disampaikan kepada Danielle De Rossi dan Andrea Barzagli, yang juga menyatakan pensiun dari panggung internasional.

Italia bukan satu-satunya tim besar yang absen dari perhelatan Piala Dunia tahun depan. Negara seperti Belanda, Chili, dan Amerika Serikat juga bernasib serupa. Menanggapi hal itu, ide untuk membuat "Piala Dunia Mini" yang berisi negara-negara tersebut coba dijajaki oleh para pengguna internet.

 

Artikel Selanjutnya
Italia Tekuk Israel, Buffon Balas Kritik Suporter
Artikel Selanjutnya
Ini Alasan Buffon Menjadi Penjaga Gawang