Sukses

Tentara Zimbabwe Ambil Alih Kantor Penyiaran Nasional, Kudeta?

Tentara Zimbabwe dilaporkan telah mengambil alih kantor pusat penyiaraan nasional, ZBC, di tengah krisis politik yang sedang berkembang.

Liputan6.com, Harare - Tentara Zimbabwe dilaporkan telah mengambil alih kantor pusat penyiaraan nasional, ZBC, di tengah krisis politik yang sedang berkembang. Sejumlah ledakan juga dilaporkan terdengar di Ibu Kota Harare, namun penyebabnya belum diketahui pasti.

Sejumlah sumber mengatakan, beberapa staf ZBC menerima tindakan kekerasan saat tentara mengambil alih kantor mereka di Harare pada 14 November 2017 malam waktu setempat. Namun para pekerja diberi tahu agar mereka tak perlu khawatir karena kehadiran tentara di sana untuk melindungi gedung tersebut.

Tak lama kemudian, saksi melaporkan ada tiga ledakan keras di pusat kota, meski lokasinya tidak jelas.

Namun Presiden Robert Mugabe atau wakilnya belum mengeluarkan pernyataan untuk menanggapi peristiwa itu.

Dikutip dari BBC, Rabu (15/11/2017), partai yang berkuasa di Zimbabwe menuduh ketua militer negara tersebut, Jenderal Constantino Chiwenga, telah melakukan pengkhianatan setelah ia memperingatkan kemungkinan adanya intervensi militer.

Chiwenga menantang Mugabe setelah ia memberhentikan wakil presidennya, Emmerson Mnangagwa. Ia juga mengatakan bahwa tentara siap bertindak untuk menghentikan 'pembersihan' di dalam Partai Mugabe, Zanu-PF.

Mnangagwa sebelumnya diperkirakan akan menjadi pewaris takhta Mugabe. Namun Ibu Negara Zimbabwe, Grace Mugabe, saat ini berada di baris terdepan untuk menggantikan Mugabe.

Persaingan antara Grace dengan Mnangagwa telah membuat perpecahan di Zanu-PF.

Bulan lalu Grace memperingatkan adanya kemungkinan rencana kudeta. Ia mengatakan bahwa sekutu-sekutu Mnangagwa mengancam kehidupan orang-orang yang tidak mendukungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Partai Zanu-PF Soal Intervensi Militer

Partai Zanu-PF mengatakan bahwa komentar Chiwenga menganggu perdamaian nasional dan menghasut pemberontakan. Partai tersebut mengatakan bahwa mereka tidak akan pernah menyerah pada ancaman militer.

Pemimpin sayap muda Zanu-PF, Kudzai Chipanga, mengatakan bahwa Chiwenga tak mendapat dukungan penuh dari seluruh militer -- sayap muda adalah pendukung kuat Grace Mugabe.

"Ini adalah negara kita dan masa depan yang dipertaruhkan dan kita tidak akan membiarkan orang militer mencampuri pemimpin partai tersebut dan secara sah akan memilih presiden negara ini," ujar Chipanga kepada awak media.

Chiwenga menyampaikan peringatannya tentang kemungkinan intervensi militer pada Senin 13 November 2017 dalam sebuah konferensi pers di markas tentara.

Ketegangan meningkat pada Selasa 14 November 2017 ketika kendaraan lapis baja terlihat bersiaga di jalanan di sekitar Harare -- meski tidak ada yang tahu tujuan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.