Sukses

Hormati Atlet Muslimah AS, Mattel Luncurkan Barbie Berhijab

Liputan6.com, Brooklyn - Salah satu perusahaan pembuat mainan besar Amerika Serikat, Mattel, mengungkap bahwa pihaknya akan menjual boneka Barbie berhijab untuk pertama kalinya.

Boneka Barbie itu dibuat untuk menghormati pemain anggar Olimpiade AS, Ibtihaj Muhammad, yang menjadi atlet AS yang pertama kali menggunakan hijab saat sedang berkompetisi.

Dilansir dari The Telegraph, Rabu (15/11/2017), koleksi terbaru Barbie tersebut memakai perlengkapan anggar dan juga hijab, sesuai dengan yang dikenakan oleh Ibtihaj.

Seorang juru bicara sebagai perwakilan dari perusahaan mengatakan, boneka tersebut akan mulai dijual secara online mulai 2018.

"Kami sangat bersemangat untuk memberikan kehormatan kepada @IbtihajMuhammad dengan boneka Barbie yang hanya-ada-satu-jenis! Ibtihaj selalu menginspirasi perempuan-perempuan di mana pun untuk mematahkan garis batas," tulis Mattel di akun media sosialnya, diikuti dengan foto Ibtihaj yang sedang memegang boneka tersebut.

Perusahaan Mattel menyebutkan pada lamannya bahwa boneka Barbie terbaru ini merupakan inspirasi bagi anak-anak perempuan yang belum pernah melihat diri mereka direpresentasikan dalam bidang olahraga dan kebudayaan.

Mereka juga berharap, lewat boneka Barbie ini, pihaknya dapat menunjukkan kepada semua perempuan bahwa mereka bisa menjadi apa saja.

 

1 dari 2 halaman

Tanggapan Ibtihaj

Sementara itu, Ibtihaj yang berusia 31 tahun, mendeskripsikan boneka Barbie yang didapatnya sebagai "mimpi masa kecil yang terwujud."

"Terima kasih @Mattel yang telah mengumumkan saya sebagai anggota terbaru dari keluarga @Barbie Shero! Aku sangat bangga saat mengetahui anak-anak perempuan di mana pun sekarang bisa bermain dengan boneka Barbie yang berhijab!" tulis Ibtihaj di Twitter.

Ini bukanlah kali pertama bagi Mattel menghormati peserta Olimpiade dengan produk boneka Barbie mereka.

Pada 2016, perusahaan tersebut juga merilis boneka Barbie dengan pesenam Gabby Douglas sebagai model mereka. Gabby adalah juara all-around individu di Olimpiade London 2012.

Pengumuman terbaru dari Mattel muncul bersamaan dengan The Wall Street Journal yang melaporkan bahwa perusahaan pesaing mereka, Hasbro, berencana untuk membeli pabrik mainan tersebut. (Affifa Zahra)