Sukses

Thailand Jadi Negara Asia Paling Ramah Vegetarian, Indonesia?

Liputan6.com, Bangkok - Tak semua negara ramah terhadap mereka yang tak mengonsumsi daging atau vegetarian.

Dalam rangka memperingati Bulan Vegetarian Dunia yang jatuh pada Oktober, situs pemesanan akomodasi, Oliver's Travels, membuat peringkat negara-negara di seluruh dunia yang "ramah vegetarian" bagi wisatawan.

Peringkat tersebut didasarkan pada jumlah restoran vegetarian, jumlah restoran vegetarian dalam kaitannya dengan populasi negara dan konsumsi daging per kapita per tahun. Negara-negara Asia Tenggara unggul di urutan 10 besar. Demikian seperti dikutip dari Asian Correspondent, Rabu (15/11/2017).

Seychelles, salah satu negara di Afrika, menduduki posisi paling atas sebagai negara paling ramah vegetarian di dunia. Posisi berikutnya diikuti oleh destinasi populer di Asia Tenggara, Thailand dan Malaysia.

Penduduk Thailand hanya memakan 25,8 kg daging per tahun dan memiliki 908 restoran vegetarian di negaranya.

Negeri Jiran dilaporkan memiliki banyak vegetarian berikut restorannya. Namun, Malaysia yang mayoritas muslim juga tergolong pemakan daging dengan jumlah rata-rata 52,3 kg yang dikonsumsi setiap tahunnya.

Singapura berada di peringkat keenam, meski rata-rata penduduknya memakan 71,1 kg daging per tahun. Untuk ukuran sebuah negara kecil, Negeri Singa tergolong memiliki banyak restoran vegetarian.

Rakyat Kamboja yang mayoritas penganut Buddha memakan sedikit daging, hanya 15,5 kg per tahun. Meski demikian hanya terdapat 153 restoran vegetarian di negara itu.

Adapun Sri Lanka berada di urutan ke-14, sementara Jepang dan Indonesia masing-masing menempati posisi 15 dan 16. Disebutkan, setidaknya terdapat 438 restoran vegetarian di seluruh nusantara.

Indonesia juga merupakan pemakan daging yang sedikit, yaitu hanya 11,6 kg per tahun. Sementara itu, Australia menduduki peringkat 17 di mana terdapat lebih dari tiga ribu gerai makanan vegetarian di Negeri Kanguru.

Menariknya, Amerika Serikat memiliki restoran ramah vegetarian paling banyak dari semua negara di dunia, sekitar 18.975 restoran. Akan tetapi, penduduk Negeri Paman Sam juga merupakan pemakan daging yang sangat banyak, sekitar 120 kg per tahun. (Affifa Zahra)

Artikel Selanjutnya
Sales Mission di Tiongkok, Kenalkan Destinasi Wisata Halal
Artikel Selanjutnya
ASEAN di Mata Nicholas Saputra dan Chelsea Islan