Sukses

Jokowi Desak 'Aturan Main' Laut China Selatan Segera Diselesaikan

Presiden Jokowi menyampaikan pentingnya upaya meningkatkan kerja sama ekonomi yang menguntungkan Indonesia dan China.

Liputan6.com, Manila - Presiden Joko Widodo meminta negara-negara ASEAN dan China bekerja sama untuk segera memulai dan menyelesaikan proses negosiasi Code of Conduct (CoC).

Hal ini penting dilakukan guna membuktikan kepada dunia bahwa ASEAN dan China memiliki komitmen yang tinggi untuk segera memiliki Code of Conduct.

"Kita semua menginginkan agar Laut China Selatan menjadi laut yang stabil, damai, menopang kegiatan ekonomi, serta merekatkan kawasan bahkan dunia," ujar Presiden Jokowi, saat menghadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-20 ASEAN-China, yang digelar pada Senin, 13 November 2017, di Philippine International Convention Center (PICC), Manila, Filipina. Demikian dilansir dari keterangan pers Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Presiden Indonesia Joko Widodo saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-20 ASEAN-China (Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden)

Di samping itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan pentingnya upaya meningkatkan kerja sama ekonomi yang menguntungkan kedua pihak.

Apalagi saat ini ASEAN mengalami defisit perdagangan yang cukup besar, sehingga kekurangan kas keuangan perlu ditekan dan sejumlah hambatan perdagangan juga harus dikurangi.

Presiden Indonesia Joko Widodo saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-20 ASEAN-China (Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden)

"Perdagangan harus saling menguntungkan dan harus ditingkatkan dari angka USD 368 miliar pada tahun lalu," ungkap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi pun berharap agar sinergi kerja sama infrastruktur dan konektivitas antara inisiatif Belt and Road dan Masterplan ASEAN untuk konektivitas dapat segera dilanjutkan.

"Saya yakin hubungan baik antara ASEAN and China akan dapat diperkuat dan membawa manfaat bagi kedua pihak," ucap Presiden Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Presiden Jokowi

Video Terkini