Sukses

Belum Genap Satu Tahun, Berat Bayi Asal Meksiko Capai 28 Kg

Liputan6.com, Colima - Luis Manuel Gonzales bikin heboh. Bayi yang belum genap berusia satu tahun itu bikin geger warga kota Colima, Meksiko akibat berat badannya yang bikin banyak orang terheran-heran.

Dilansir dari New York Post, Senin (13/11/2017) berat badan bayi tersebut setara dengan anak berusia sembilan tahun. Diduga, Gonzales mengalami gangguan pada metabolisme tubuh yang membuat kondisi badannya kian membengkak.

Mulanya, Isabela Pantoja, ibu dari Gonzales tak merasa cemas dengan kondisi sang buah hati. Akan tetapi, lama-kelamaan berat Gonzales kian bertambah melebihi berat tubuh kakaknya sendiri. Sejak saat itulah sang ibu mulai khawatir.

Berdasarkan keterangan dari Isabel, Gonzales lahir dengan berat badan normal. Sekitar 3,6 kilogram.

Saat beranjak dewasa, tepatnya pada usia dua bulan berat bayi itu sudah mencapai 10 kilogram. Kini, di usianya yang masih sembilan bulan, berat badan Gonzales sudah lebih dari 28 kilogram.

Melihat kondisi ini, sang ibu langsung membawanya ke rumah sakit untuk menemui dokter. Setelah diperiksa, dokter yang menangani bayi tersebut malah kebingungan.

Untuk saat ini, dokter menyebut Gonzales mengalami sindrom Preder-Willi -- kondisi genetik yang membuat anak terus menerus merasa lapar dan rentan akan berat badan yang terus bertambah.

Namun, dokter kembali dibuat bingung dengan kebiasaan makan Gonzales yang sama seperti bayi lainnya dan berbeda dengan anak-anak yang mengalami obesitas.

Beda halnya dengan Silvia Orozco, seorang ahli nutrisi. Meski masih menunggu hasil laboratorium, Orozco berpendapat bahwa Gonzales mengalami kekurangan hormon tertentu.

Kondisi bayi tersebut dapat kembali normal apabila dibantu dengan suntikan hormon.

Orozco yakin, kondisi Luis disebabkan kurangnya nutrisi tertentu yang menyebabkan metabolisme dalam tubuhnya tak bekerja secara baik.

Namun, tak semua orang dapat melakukan pengobatan dengan cara seperti itu. Untuk perawatan hormon membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Pendapatan orangtua bayi tersebut bahkan tak mampu membayar pengobatan anaknya.

 

1 dari 2 halaman

Bayi 'Raksasa' Berbobot 7,1 Kg Lahir di Vietnam

Beda di Meksiko, beda pula di Vietnam. Seorang bernama Nguyen Kim Lien mendapat kejutan yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya.

Pasca-melahirkan, ia tak menyangka bahwa anak yang ia lahirkan memiliki bobot yang tak biasa, yaitu 7,1 kilogram dan dianggap sebagai salah satu bayi terberat yang pernah dilaporkan lahir di negara tersebut.

Dikutip dari laman AsiaOne, kelahiran bayi 'raksasa' ini membuat wajah kedua orangtuanya berseri-seri. Peristiwa ini terjadi di sebuah provinsi bernama Vin Phuc Utara.

"Ketika dokter mengatakan anak saya memiliki bobot sekitar 7,1 kilogram, tentu semua tak dapat mempercayainya," ujar Tran Van Quan ayah dari bayi tersebut.

Saat menjalani proses pemeriksaan kandungan, dokter sudah mengatakan bahwa bayi yang dikandung oleh Nguyen Kim Lien akan terlahir dalam ukuran yang cukup besar.

Dokter menyebut, beratnya bisa mencapai 5 kg. Namun, semua tak menyangka jika beratnya melebihi prediksi awal.

"Saat kami pergi berkemas untuk pulang, berat bayi kami bertambah menjadi 7,2 kg. Saya kira hal ini disebabkan oleh pakaian yang digunakan oleh bayi kami," ujar Quan.

Sang ayah mengatakan, bayi yang baru saja dilahirkan oleh istrinya bernama Tran Tien Quoc. Ia pun memastikan anak dan istrinya dalam keadaan sehat.