Sukses

Video Donald Trump Kebingungan Jabat Tangan ala ASEAN

Liputan6.com, Manila - Pada setiap perhelatan resmi internasional, Presiden Amerika Serikat Donald Trump terkenal dengan jabat tangannya yang lama, agresif, dan begitu mencengkeram.

Tak jarang, beberapa pemimpin dunia jadi 'korban' dari 'jabat tangan maut' Trump. Beberapa di antaranya adalah Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Namun kali ini, giliran Trump yang menjadi 'korban' dalam prosesi jabat tangan formal dengan para pemimpin negara.

Seperti dikutip dari Telegraph (13/11/2017), dalam KTT ASEAN di Manila Filipina pada 13 November 2017, Presiden Trump menjadi 'korban' atas kebingungan dirinya sendiri.

Presiden Trump sempat kesulitan memahami cara kerja dari 'salam ASEAN way', tradisi yang kerap dilakukan oleh para pemimpin negara anggota beserta para mitra pada setiap pertemuan.

Sebagai kepala negara sekaligus pemerintahan Amerika Serikat, Trump turut hadir dalam konferensi tersebut, mengingat status negaranya sebagai mitra ASEAN. 

Jabat tangan ASEAN way di KTT ASEAN 2017 di Manila, Filipina (Sumber: Kemlu RI)

Pada saat upacara pembuka konferensi dilaksanakan pada 13 November lalu, sudah jadi tradisi bagi seluruh pemimpin atau perwakilan negara anggota beserta negara mitra untuk naik ke atas panggung, berbaris horizontal, dan melakukan foto bersama.

Dalam sesi foto di atas panggung, salah satu pose yang dilakukan oleh mereka adalah 'salam ASEAN way'.

Salam itu dilakukan dengan cara menyilangkan kedua lengan ke arah yang berlawanan untuk menggenggam tangan individu di samping kanan serta kiri yang turut menyilangkan tangannya. Begitu seterusnya hingga tangan para pemimpin negara itu saling beruntai satu sama lain.

Namun, sang Presiden AS justru kebingungan dengan skema jabat tangan seperti itu. Pertama-tama, ia menengok ke kanan dan ke kiri seakan mempelajari situasi.

Presiden AS Donald Trump kesulitan lakukan jabat tangan ASEAN way (AP)

Selanjutnya, ia mencoba menyilangkan kedua lengannya seperti para pemimpin lain. Namun, tangannya belum mampu menggapai dan menggenggam tangan individu yang ada di kedua sisinya.

Trump pun kemudian mengarahkan tangannya hanya ke kanan saja, ke arah PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc, yang justru semakin keliru.

Setelah beberapa penyesuaian, akhirnya Presiden AS itu berhasil melakukan salam ASEAN way dengan benar. Tangan kanannya menggenggam tangan kiri Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang berdiri di kirinya dan tangan kirinya menggenggam tangan kanan PM Nguyen di sisi lain.

Setelah itu, Trump pun tersenyum sumringah, entah karena senang telah sukses melakukan jabat tangan ASEAN way atau justru menutupi rasa malunya.

Berikut video detik-detik Presiden Trump linglung lakukan jabat tangan ala ASEAN:

1 dari 2 halaman

'Diplomasi' Jabat Tangan ala Trump

Presiden AS Donald Trump kesulitan lakukan jabat tangan ASEAN way (AFP)

Jabat tangan telah menjadi cara 'diplomasi' khas Donald Trump di tahun pertamanya menjabat sebagai Presiden AS.

Dalam proses jabat tangan itu, ia sering menarik orang lain ke arahnya sambil menepuk punggung tangan orang yang dijabat, seakan menunjukkan tanda untuk mendominasi.

Beberapa pemimpin negara yang pernah menjadi 'korban' dari proses jabat tangan khas Trump itu antara lain PM Jepang Shinzo Abe, Presiden Prancis Emmanuel Macron, PM Kanada Justin Trudeau, dan PM Vietnam Nguyen Xuan Phuc.