Sukses

Hadiri KTT ASEAN, Para Pemimpin Dunia Kumpul di Filipina

Setelah KTT APEC di Da Nang, Vietnam, kini para pemimpin dunia termasuk Presiden Jokowi bertolak ke Filipina untuk menghadiri KTT ASEAN.

Liputan6.com, Manila - Asia Tenggara sedang menjadi pusat perhatian dunia menyusul dilaksanakannya dua agenda besar dalam waktu yang berdekatan. Pada 10 hingga 11 November, Vietnam diketahui menjadi tuan rumah penyelenggaran KTT APEC.

Sejumlah pemimpin dunia seperti Donald Trump, Presiden Rusia Vladimir Putin, PM Jepang Shinzo Abe, Presiden China Xi Jinping, PM Selandia Baru Jacinda Arden, PM Australia Malcolm Turnbull, Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto, Presiden Chile Michelle Bachelet dan PM Kanada Justin Trudeau hadir dalam KTT APEC.

Demikian pula halnya dengan sejumlah pemimpin ASEAN termasuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Pasca-berakhirnya KTT APEC di Da Nang, kini sejumlah kepala negara bertolak ke Manila untuk menghadiri KTT ASEAN yang dijadwalkan akan berlangsung pada 13 dan 14 November.

Seperti dikutip dari media Filipina, rappler.com, pada Minggu (12/11/2017), hingga saat ini para pemimpin dunia terus berdatangan ke negeri pimpinan Duterte tersebut. Yang pertama kali tiba adalah Perdana Menteri Laos Thongloun Sisoulith. Ia mendarat di Bandara Internasional Clark pada pukul 10.30 waktu setempat.

Presiden Jokowi menjadi kepala negara yang tiba berikutnya dan disusul oleh Perdana Menteri Malaysia Najib Razak. PM Najib tiba sekitar pukul 12.42 waktu setempat.

Adapun PM Singapura Lee Hsien Loong dilaporkan tiba pada pukul 13.00 waktu setempat. Tak lama setelah PM Lee, mendarat pula pesawat yang membawa PM Selandia Baru Jacinda Arden. KTT APEC dan KTT ASEAN merupakan lawatan perdana Arden yang baru saja diambil sumpahnya pada 26 Oktober.

PM Trudeau dilaporkan mendarat sekitar pukul 13.50 waktu setempat diikuti oleh PM Abe yang tiba di Bandara Internasional Ninoy Aquino sekitar pukul 14.00.

PM Thailand Prayut Chan-o-cha menyusul kemudian. Ia tiba di Clark sekitar pukul 14.15 waktu setempat. PM Turnbull mendarat sekitar pukul 16.15, sementara pesawat yang mengangkut PM Vietnam Nguyen Xuan datang pada pukul 16.30.

Presiden Trump juga dilaporkan telah tiba di Manila. Air Force One yang membawanya mendarat di Bandara Internasional Ninoy Aquino.

Dua pemimpin ASEAN lainnya yakni PM Kamboja Hun Sen dan State Counsellor Myanmar Aung San Suu Kyi telah tiba lebih dulu pada hari Sabtu. Keduanya dikabarkan menghadiri jamuan makan malam yang diselenggarakan oleh mantan presiden Filipina Gloria Macapagal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.