Sukses

Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat Atas Pernikahan Kahiyang Ayu

Liputan6.com, Da Nang - Pernikahan puteri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, dengan Bobby Afif Nasution tak hanya dibanjiri ucapan selamat dan doa dari pejabat dan selebritas Tanah Air. Sejumlah pemimpin dunia pun turut memberikan selamat atas hari bahagia itu, salah satunya dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Ucapan selamat itu disampaikan Trump saat bertemu dengan Jokowi dalam Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pacific Economic Cooperation (KTT APEC), di Da Nang, Vietnam.

"Memang Presiden Trump bertanya banyak hal dan juga memberikan selamat kepada Presiden Jokowi dan Ibu Iriana yang baru mantu kemarin," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Da Nang, Vietnam, Sabtu (11/11/2017), seperti yang dimuat di Antara.

"Rupanya pernikahan ini diketahui dunia, termasuk Perdana Menteri Trudeau (Perdana Menteri Kanada) memberikan ucapan, PM Australia (Malcolm Turnbull) juga memberikan ucapan (selamat)," imbuh Pramono.

Dalam Gala Dinner KTT APEC yang digelar di Sheraton Resort Da Nang pada Jumat 10 November malam, juga terlihat keakraban antara Donald Trump dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Saat itu, Iriana duduk diapit oleh Trump dan Jokowi.

Ketiganya terlihat mengenakan baju tradisional Vietnam. Trump dan Jokowi mengenakan kemeja warna biru, sedangkan Iriana memakai baju warna merah terang.

"Ya, ini menunjukkan ada keakraban antara Presiden Donald Trump juga dengan ibu negara Ibu Iriana," ujar Pramono.

Gala Dinner dan Pertunjukan Budaya yang merupakan rangkaian dalam KTT APEC berlangsung dari pukul 20.00 sampai 22.00 waktu setempat. Sebelumnya, para pemimpin negara anggota APEC dan pasangan disambut secara resmi.

 

1 dari 2 halaman

Kado dari Presiden Korsel untuk Kahiyang Ayu

Tak hanya mendapat ucapan selamat dari sejumlah pemimpin dunia, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in ternyata telah menyiapkan kado pernikahan spesial untuk Kahiyang Ayu.

Kado tersebut adalah album EXO yang dilengkapi tanda tangan personelnya.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Kahiyang Ayu adalah seorang pecinta boyband asal Negeri Ginseng itu. Bahkan kakak dari Kaesang Pangarep itu kerap datang ke acara konser K-Pop yang digelar di Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Presiden Korea Selatan Moon Jae-in blusukan ke Bogor Trade Mall (BTM), Bogor, Kamis (9/11/2017) (Septian Deny/Liputan6.com)

Tak hanya itu, Presiden Moon juga menyiapkan sebuah video ucapan selamat dari personel boyband SHINee, Choi Minho, kepada Kahiyang Ayu.

Semua kado spesial ini diberikan oleh Moon Jae In dalam kunjungan kenegaraan yang dimulai satu hari setelah pesta pernikahan Kahiyang Ayu di Solo.