Sukses

Nyanyi Lagu Mandarin, Cucu Donald Trump Dipuji Presiden China

Cucu Donald Trump, Arabella Kushner, kembali merebut hati masyarakat China setelah bernyanyi dan membaca puisi dalam Bahasa Mandarin.

Liputan6.com, Beijing - Cucu Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Arabella Kushner, kembali merebut hati masyarakat China. Dalam sebuah rekaman video dari media Tiongkok, Xinhua, Arabella terlihat sedang bernyanyi dalam Bahasa Mandarin dan membacakan sastra klasik China.

Sebelum bernyanyi dan membaca puisi, Arabella yang mengenakan pakaian khas China itu, menyapa Presiden Xi Jinping dan istrinya Peng Liyuan. Video itu dirilis di tengah kunjungan Donald Trump ke Negeri Tirai Bambu.

Anak dari pasangan Ivanka Trump dan Jared Kushner tersebut, menyanyikan lagu dua lagu, yakni Our Fields, Beautiful Fields dan My Good Mom.

Dikutip dari Asia One, Jumat (10/11/2017), Our Fields, Beautiful Fields ditulis pada 1953 dan menjadi lagu yang digemari remaja China selama puluhan tahun. Lagu itu mengekspresikan cinta terhadap tanah air dan alam.

Sementara itu, My Good Mom menjadi sajak anak-anak populer yang tersebar luas di China.

Setelah memperlihatkan kemampuannya bernyanyi lagu Mandarin, Arabella juga menunjukkan pengetahuannya tentang sastra China dengan membaca Three Character Classic karya Konfusianisme yang bertujuan untuk mendidik anak-anak.

Selain itu, ia juga membaca dua puisi dari Li Bai, Watching the Fall of Lushan Mountain dan Departing from White King City in the Morning.

Berikut Aksi Arabella Saat Bernyanyi dan Membaca Puisi dalam Bahasa Mandarin:

Presiden Xi memuji kemampuan Bahasa Mandarin cucu Donald Trump itu dan mengatakan bahwa penampilannya layak mendapat nilai A plus. Ia mengatakan bahwa Arabella sudah menjadi bintang di China dan ditunggu kedatangannya.

Sejumlah media dan warganet mem-posting ulang video tersebut. Rekaman itu pun mendapat 2,3 juta klik pada Sina Weibo, media sosial yang populer di China.

"Ia adalah gadis yang berbakat dan cerdas!" ujar pengguna Weibo Yumeiren.

"Saya berharap ia bisa memberikan kontribusi lebih untuk membina persahanatan China-AS di masa depan," imbuh dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sambut Tamu Negara dari China, Cucu Donald Trump Bacakan Puisi

Bukan kali ini Arabella unjuk kebolehan dalam berbahasa Mandarin. Saat Presiden Xi Jinping berkunjung ke Florida, AS, pada April lalu, bocah berusia 6 tahun itu mempersembahkan lagu tradisional dan membacakan puisi dalam Bahasa Mandarin.

Dalam pertemuan resmi pertama dua pimpinan itu, Arabella mendendangkan lagu rakyat "Mo Li Hua" -- yang berarti bunga yasmin -- untuk presiden China dan istrinya, Peng Liyuan, di resor Mar-a-Lago milik Donald Trump.

Seperti dimuat di Channel News Asia, putri pertama Ivanka Trump dan Jared Kushner itu tampak ditemani adik lelakinya, Joseph Kushner.

Mereka kemudian membawakan puisi China berjudul "San Zi Jing", yang merupakan karya klasik Tiongkok berisi pengajaran prinsip-prinsip moral kepada anak-anak. Lucunya, Joseph yang masih berusia 3 tahun tampak malu-malu saat menjelang bagian akhir puisi.

Ini bukan pertama kalinya Arabella unjuk gigi tentang kemampuannya berbicara Mandarin. Ia memang sudah mulai belajar bahasa tersebut sejak berusia 18 bulan.

Pada Tahun Baru China tahun ini, ia juga menyanyikan lagu anak-anak "Selamat Tahun Baru" sambil menggendong boneka barongsai China.

Berikut ini adegan saat cucu Donald Trump itu membacakan puisi:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.