Sukses

Tahukah Anda? Ada 7 Fasilitas Rahasia dalam Pesawat Terbang

Liputan6.com, Jakarta - Pada kesempatan berikutnya kita melakukan penerbangan, periksalah dinding-dinding kabin pesawat. Mungkin kita akan melihat empat titik hitam atau stiker segitiga merah di atas jendela-jendela, ada dua di tiap sisi pesawat.

Kalau kita menuju kursi di bawah segitiga-segitiga itu dan melihat ke luar jendela, kita akan melihat ada stiker di tepi sayap pesawat. Satu stiker di arah depan dan satu stiker di arah belakang sayap.

Ketika awak pesawat atau pilot perlu melihat ke sayap, maka stiker-stiker segitiga itu menjadi pertanda untuk mereka.

Jika mereka perlu memeriksa masalah pada bagian-bagian bergerak di sayap, mereka tidak perlu menerka-nerka 10 baris kursi hingga melihat pada tempat yang tepat.

Dikutip dari rd.com pada Selasa (7/11/2017), selain stiker tersebut, masih ada 7 fasilitas yang jarang diketahui ada dalam pesawat terbang:

 

1 dari 8 halaman

1. Tombol Penambah Lega

Tombol rahasia di sandaran tangan kursi lorong (aisle) dalam pesawat terbang bisa memberikan kelegaan tambahan. (Sumber Shutterstock)

Berhasil mendapatkan kursi ke arah lorong? Anda bukan hanya berhasil mendapatkan tempat yang tidak mengganggu orang lain ketika harus bangkit dari kursi, tapi bisa menambah kelegaan ruang duduk hanya dengan menekan satu tombol ajaib.

Coba periksa di bawah sandaran lengan terdekat dengan lorong dan rabalah dekat dengan engsel. Di sana ada tombol yang memungkinkan kita menaikan sandaran sambil menekan tombol, demikian menurut Travel + Leisure.

Setelah senderan lengan sejajar dengan sandaran punggung, sisi badan kita pun tidak terhalang dan paha kita bisa lebih lega bergerak.

2 dari 8 halaman

2. Pegangan Tersembunyi

Ilustrasi laci atas kepala dalam kabin pesawat terbang. (Sumber Shutterstock)

Jujurlah, kita pasti tidak suka kalau ada penumpang lain berjalan ke toilet pesawat terbang dan memegang kursi kita. Padahal, ketika kita pun harus ke toilet, kita juga melakukan hal yang sama.

Ternyata tidak harus begitu. Para awak pesawat tidak menyentuh langit-langit kabin untuk iseng ketika mereka berjalan di lorong.

Bagian bawah laci atas kepala memiliki bagian-bagian cekung yang memungkinkan genggaman lebih baik ketika berjalan dalam pesawat terbang, demikian menurut Condé Nast Traveler.

Ketika berikutnya kita harus bangkit berdiri, raihlah langit-langit kabin untuk keseimbangan. Penumpang-penumpang lain juga tak akan terganggu jika kita melakukannya.

3 dari 8 halaman

3. Ruang Tidur Rahasia

Ruang istirahat para awak pesawat. (Sumber Qantas Newsroom)

Penerbangan jarak jauh cukup menantang bagi para penumpang, jadi bayangkanlah apa yang dialami para pilot atau awak kabin yang harus bertugas 14 jam.

Pekerjaan itu melelahkan, sehingga beberapa pesawat terbang semisal Boeing 777 dan Boeing 787 memiliki jalur menuju ruang tidur rahasia bagi awak pesawat, demikian menurut Insider.

Ada sebuah pintu terkunci dekat bagian depan pesawat atau sebuah pintu yang disamarkan seperti laci atas kepala guna menyembunyikan pintu masuk ke sejumlah kasur yang dirahasiakan dengan tirai tebal.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

4 dari 8 halaman

4. Pengait Tali

 

Sangkutan pada sayap pesawat Airbus A320. (Sumber Massachussetts Institute of Technology)Jika kita mengintip ke sayap sebuah pesawat Airbus, kita bisa melihat ada tonjolan-tonjolan berwarna kuning di tengah sayap mulus berwarna putih.

Dalam keadaan pendaratan darurat di air, sayap pesawat bisa licin sekali bagi penumpang yang mencoba menuju sekoci tiup yang telah digembungkan.

Untuk membantu para penumpang berjalan tanpa terjatuh, fasilitas yang jarang diketahui ini membantu para awak menyangkutkan seutas tali dan mengikatnya ke sangkutan berikut agar menjadi pegangan bagi para penumpang yang menuju sekoci tiup.

5 dari 8 halaman

5. Segitiga di Atas Jendela

Stiker segitiga dalam kabin pesawat terbang. (Sumber Shutterstock/leungchopan)

Pandanglah dinding pesawat. Di atas empat jendela akan terlihat segitiga-segitiga berwarna hitam. Tiap segitiga segaris dengan tepi sayap pesawat, demikian menurut seorang pilot "Captain" Joe.

Jika para awak pesawat perlu memeriksa bagian-bagian bergerak pada sayap, mereka bisa dengan tepat mengetahui tempat terbaik untuk mengamati.

Jika kita mudah mabuk perjalanan dalam penerbangan, cobalah untuk meminta kursi di antara segitiga-segitiga tersebut.

Sayap-sayap pesawat terbang adalah pusat gravitasi pesawat, sehingga duduk di antara sayap memberikan pengalaman perjalan paling mulus.

6 dari 8 halaman

6. Lubang-lubang di Jendela

Lubang kecil di jendela pesawat bermanfaat untuk penyeimbang tekanan ketika terjadi pergantian ketinggian.

Amati baik-baik jendela pesawat terbang dan kita akan melihat ada yang aneh, yaitu lubang kecil di bagian bawah jendela.

Ketika diperhatikan lebih seksama, ternyata jendela pesawat terbang terdiri dari 3 lapis dan lubang tersebut ada di lapisan tengah.

Fasilitas itu ada di sana sebagai perlindungan terhadap penurunan tekanan udara ketika pesawat terbang semakin tinggi di atmosfer, demikian menurut Slate.

Ketika sebuah pesawat terbang mengurangi ketinggian, maka tekanan udara pun turun mendadak. Padahal kabin dirancang agar tetap memiliki tekanan udara yang nyaman sehingga ada perbedaan besar tekanan udara di luar pesawat dan di dalam kabin.

Nah, di situlah peran lubang di jendela lapisan tengah, yaitu untuk membantu menyeimbangkan perbedaan tekanan udara. Jendela lapisan dalam berguna untuk melindungi lapisan tengah.

7 dari 8 halaman

7. Borgol Rahasia

Ilustrasi borgol plastik tarik (zip). (Sumber Reddit)

Jika ada penumpang yang bertingkah, awak pesawat berhak untuk meringkusnya.

Mereka mungkin saja menggunakan borgol seperti yang dipakai polisi, tapi kebanyakan memakai ikat plastik seperti pengikat tarik (zip), demikian menurut Express.

Artikel Selanjutnya
4 Tips Naik Pesawat Bagi Pemula Tanpa Takut dan Grogi
Artikel Selanjutnya
5 Tips Ini Bantu Anda Segar Saat Traveling di Pesawat