Sukses

Kuliner Ekstrem, Ini 5 Makanan Menjijikkan yang Konon Lezat

Liputan6.com, New York - Setiap negara di dunia punya sajian makanan yang berbeda. Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia menawarkan makanan khasnya masing-masing. Sebut saja Asia, benua yang kita tinggali saat ini punya sajian makanan yang kaya akan bumbu dan rempah.

Indonesia misalnya, dikenal dengan rendang, nasi goreng dan bakso. Thailand, dikenal dengan tom yam dan pad thai. Pada umumnya, mereka yang berdomisi di Asia sulit beradaptasi dengan makanan negara-negara Barat, begitu pula dengan sebaliknya.

Ternyata, masing-masing wilayah di belahan dunia tak hanya menyajikan makanan khasnya saja. Ada sajian yang dianggap menjijikkan dan kemudian begitu digemari oleh masyarakat setempat. Misalnya, durian yang dianggap lezat di Asia Tenggara, dijauhi orang Barat. 

Menjijikkan bukan hanya dari bahan olahan, tetapi juga bermula dari cara pengolahan yang ekstrem. 

Seperti dilansir dari laman Listverse.com, Selasa (7/11/2017), berikut 5 makanan menjijikkan yang terkenal akan kelezatannya:

 

1 dari 6 halaman

1. Keju Casu Marzu

Casu Marzu, keju berbelatung asal Italia (Wikipedia).

Siapa yang tak kenal dengan keju. Panganan yang diolah dari susu ini sangat digemari oleh banyak orang. Dari sekian banyak jenis-jenis keju, pernahkan Anda mendengar kata Casu Marzu.

Bagi sebagian orang, ada kenikmatan tersendiri ketika mengonsumsi keju Casu Marzu. Namun, di balik kelezatan itu keju ini diolah dengan cara yang sangat menjijikkan.

Pada umumnya, keju yang siap dikonsumsi akan dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kue dan makanan lainnya. Akan tetapi, Casu Marzu akan dibiarkan terlebih dahulu hingga membusuk dan berbelatung.

Karena risiko kesehatan, pihak Uni Eropa melarang peredaran keju tersbeut. Namun nyatanya, keju jenis ini masih bisa ditemukan di pasar gelap Benua Biru. 

2 dari 6 halaman

2. Jagung Berjamur

Jagung berjamur (Instagram/@ chefkevinoconnor)

Meksiko dikenal dengan makanannya yang begitu lezat. Mulai dari carne asada hingga tacos. Namun, ada makanan yang dianggap punya kelezatan tersendiri bagi warganya yaitu jagung.

Tak sulit rasanya untuk mencari jagung. Namun, jagung yang ada di Meksiko ini beda. Masyarakat lokal biasa memanen jagung hingga kelewatan matang dan tumbuh jamur.

Jagung berjamur ini dikenal dengan sebutan huitlachoche. Bersama dengan jamur yang menempel, jagung ini akan diolah menjadi bubur.

Kebiasaan seperti ini sudah dilakukan oleh suku asli Meksiko selama ribuan tahun lalu. Masyarakat Meksiko mengatakan, rasa bubur jagung berjamur ini begitu gurih karena memiliki tekstur yang berbeda.

Saat dipanaskan, jamur pada jagung akan mengubah warna bubur menjadi keabu-abuan.

3 dari 6 halaman

3. Kiviak

Kiviak makanan khas masyarakan Greenland (Twitter/0ceeh)

Jika Anda berkesempatan berlibur ke Greenland, dan bernyali mencicip makanan eksteram, Anda mungkin harus mencoba hidangan khas dari wilayah tersebut yaitu kiviak.

Kiviak adalah makanan tradisional dari Greenland, terutama suku Inuit, berupa burung auk yang difermentasi di dalam perut anjing laut.

Sekitar 500 burung auk dimasukkan ke dalam kulit anjing laut lalu dijahit dan dilumuri lemak. Sebuah lubang digali kemudian anjing laut dimasukkan ke dalam lubang yang kemudian ditutup dan hampa udara.

Setelah tujuh bulan, barulah burung yang difermentasi tersebut dikeluarkan dari dalam perut anjing laut. Lemak anjing laut diyakini dapat membantu proses fermentasi, juga melunakkan daging dan tulang burung auk.

Salah satu cara memakan makanan ini adalah dengan menggigit kepala burung auk dan menghisap cairan di dalamnya. Rasa kiviak sering dideskripsikan sebagai mirip keju yang sudah matang.

4 dari 6 halaman

4. Shirako

Shirako (Instagram/@ rkyho)

Jepang memang dikenal sebagai negara dengan segala keanehan. Bukan hanya cara berpakaian anak mudanya yang begitu nyentrik, tetapi juga makanannya.

Selain dikenal dengan kenikmatan sushi, di Jepang juga ada makanan menarik yang harusnya Anda coba jika berkunjung ke Negeri Sakura tersebut.

Shirako adalah makanan ekstrem yang diolah dari bagian tubuh hewan yang terdengar aneh dan tak layak dikonsumsi. Jika dilihat secara seksama, Shirako mirip dengan usus sapi. Akan tetapi, bahan baku pembuatan Shirako berasal dari kelamin dan kantung sperma ikan.

Makanan ini kerap dikonsumsi masyarakat setempat karena dinilai punya khasiat bagi tubuh.

5 dari 6 halaman

5. Sup Sarang Walet

Sejumlah burung walet berada di sarangnya di kota Myeik, Myanmar, Rabu (10/5). Selain Myanmar, Indonesia juga mengalami peningkatan volume ekspor sarang burung walet ke Tiongkok. (AFP Photo/ Ye Aung Thu)

Dari sekian banyak makanan menjijikkan yang sudah dipaparkan sebelumnya, sup sarang walet adalah sajian yang familiar di telinga masyarakat Indonesia.

Bahan pembuatan sup ini berasal sarang burung walet. Sarang walet sendiri dibentuk oleh walet dari air liurnya. Meski terdengar menjijikkan karena mengonsumsi liur walet, banyak orang yang sudah mengakui kelezatan makanan ini.

Banyak yang percaya bahwa dengan mengonsumsi sup ini dapat mengobati berbagai macam penyakit salah satunya paru-paru.

Sup ini juga diincar oleh kaum hawa untuk urusan kecantikan. Konon, dengan memakan sup sarang walet dapat memperhalus kulit.

Artikel Selanjutnya
Doyan Makan Sushi? Ini Pilihan yang Tak Bikin Gemuk
Artikel Selanjutnya
15 Makanan Khas Cirebon Ini Bertahan dari Gempuran Junk Food