Sukses

Raja Salman Restui Renovasi Sumur Air Zamzam

Pemerintah Arab Saudi merenovasi sumur air zamzam menjamin agar aliran ke Kota Suci tetap terjaga.

Liputan6.com, Riyadh - Pemerintah Arab Saudi mengumumkan tengah melaksanakan proyek renovasi sumur Air Zamzam di Mekkah. Informasi itu disampaikan oleh pihak Saudi pada 29 Oktober 2017 lalu.

Renovasi itu dilakukan demi menjamin agar aliran Air Zamzam di Kota Suci tetap terjaga. Demikian seperti dikutip dari Saudi Gazette, Jumat (3/11/2017).

Menurut Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais, Presiden Dua Masjid Suci (Masjidil Haram dan Nabawi), Raja Arab Saudi sekaligus Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman Bin Abdulaziz telah menyetujui proyek tersebut.

Renovasi itu akan berlangsung selama tujuh bulan dan terbagi menjadi dua fase. Rencananya akan selesai sebelum Ramadhan tahun depan.

Fase pertama renovasi adalah membangun lima saluran perlintasan untuk Sumur Zamzam di wilayah timur. Perlintasan itu memiliki ukuran lebar 8 meter dan panjang 120 meter.

Sementara fase kedua renovasi adalah sterilisasi area di sekitar Sumur Zamzam. Sterilisasi dilakukan dengan membersihkan puing beton dan besi yang berjatuhan dari struktur bangunan Masjidil Haram.

Selain itu, sterilisasi juga dilakukan dengan memasang gipsum untuk menjamin aliran air yang stabil.

Badan Survei Geologi Arab Saudi memiliki badan kajian Zamzam Studies and Research Center yang khusus menganalisis sifat sumur secara rinci.

Lembaga itu memantau kondisi air di Sumur Zamzam dengan menggunakan hidrograf. Dalam beberapa waktu terakhir, hidrograf itu telah diganti dengan sistem pemantau digital yang mampu melacak debit, konduktivitas listrik, tingkat asam-basa, oksidasi air, dan suhu air.

Terletak sekitar 20 meter dari Ka'bah, sumur Zamzam diyakini merupakan sumur tertua di Bumi, berusia sekitar 5000 tahun. Sumur suci itu memiliki kedalaman sekitar 30 meter dan memompa air hingga 18,5 liter per detiknya.

Sekitar 120 ton air Zamzam diangkut setiap hari dari Masjidil Haram di Mekkah ke tangki di Masjid Nabawi di Madinah menggunakan tanker berspesifikasi khusus untuk melindungi dari kontaminasi.

Air Zamzam disediakan dalam 7.000 wadah steril yang didistribusikan di dalam dan di sekitar Masjid Nabawi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini