Sukses

WhatsApp Down Sesaat di Penjuru Dunia, Jutaan Pengguna Merugi

Selama kurang lebih 1 jam, sekitar jutaan pengguna WhatsApp di seluruh dunia mengalami kesulitan dalam mengirim dan menerima pesan.

Liputan6.com, Jakarta Aplikasi layanan pesan singkat WhatsApp mengalami down untuk sementara waktu di seluruh dunia pada Jumat 3 November waktu setempat.

Selama kurang lebih 1 jam, sekitar jutaan pengguna WhatsApp di seluruh dunia mengalami kesulitan dalam mengirim dan menerima pesan. Demikian seperti dikutip dari media India Zee News, Jumat (3/11/2017).

Beberapa pengguna melaporkan bahwa pesan hanya terkirim namun tidak sampai ke penerima (satu tanda centang). Sementara sebagian yang lain mengaku pesan tidak terkirim sama sekali.

Di newsroom Liputan6.com di Jakarta pada Jumat 3 November dari pukul 14.52 hingga 16.11, sebagian besar pengguna aplikasi via telepon genggam tak mampu mengirim dan menerima pesan. Sementara itu, mereka yang menggunakan layanan WhatsApp Web (WhatsApp yang tersambung ke komputer) mengaku, aplikasi tersebut tidak terkoneksi sama sekali.

Beberapa menit kemudian, jaringan layanan kembali seperti sedia kala. Namun, tak jelas apakah pulihnya sambungan tersebut terjadi pada semua pengguna di seluruh dunia. Turut diduga, gangguan jaringan mungkin masih terjadi di beberapa negara dan wilayah.

Negara yang melaporkan adanya gangguan adalah Inggris, Jerman, Belgia, serta negara Eropa Barat lainnya, India, Singapura, Mozambik, Vietnam, Indonesia, Irak, dan Australia.

Seperti dikutip Zee News, belum ada pernyataan dari WhatsApp tentang peristiwa itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejak 14.30 Jumat 3 November

Pantauan Tekno Liputan6.com di situs pendeteksi laman yang tumbang, Down Detector, Jumat 3 November, laporan mengenai masalah pada WhatsApp meningkat sekitar pukul 15.00.

Jumlah laporan yang sebelumnya 58 laporan melonjak hingga 197 laporan. Tertulis dalam situs tersebut, masalah dialami WhatsApp sejak pukul 14.30.

Dalam laman tersebut juga disebutkan bahwa masalah utama yang dikeluhkan pengguna WhatsApp adalah masalah koneksi (52 persen), kesulitan mengirim dan menerima pesan (41 persen), hingga sulit melakukan login (5 persen).

Laporan dari banyak pengguna WhatsApp yang diunggah pada Down Detector juga mengungkap kota-kota yang terdampak tumbangnya layanan pesan milik Facebook tersebut.

"Tumbang di Qatar," tulis pengguna bernama Fatma di Qatar.

Demikian juga dengan pengguna di Norwegia, Amerika Serikat, Spanyol, Australia, hingga Indonesia.

"WhatsApp tumbang di Indonesia, kenapa? Apakah ada masalah dengan server-nya?" tutur pengguna bernama Unchoe Justitia Muhardiman beberapa menit lalu.

Saat dicoba, layanan WhatsApp memang tidak bisa digunakan untuk mengirim maupun menerima pesan. Sementara, ikon koneksi pun terus berputar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini