Sukses

10 Misteri Tak Terpecahkan soal Perang Dunia II

Liputan6.com, Jakarta - Dalam perjalanan sejarah manusia, Perang Dunia II bisa dibilang belum terlalu jauh di masa lalu dan berbagai kejadian berkaitan dengannya masih terus mencengangkan kita hingga sekarang.

Masih ada beberapa hal yang harus diteliti dalam beberapa tahun mendatang.

Salah satu alasannya adalah keberadaan sejumlah misteri yang masih belum terjawab. Ada banyak pertanyaan tentang konflik besar itu, tapi jawaban yang diberikan malah mengarah kepada pertanyaan baru.

Bahkan seandainya misteri-misteri itu tidak akan pernah terpecahkan, semoga orang terus mempelajarinya. Perang Dunia II memang terlalu mengerikan, tapi sekaligus terlalu penting untuk diabaikan.

Dikutip dari Boredom Therapy pada Kamis (2/11/2017), berikut ini adalah 10 misteri Perang Dunia II yang belum terpecahkan hingga sekarang:

1 dari 11 halaman

1. Hilangnya Blutfahne

Blutfahne adalah bendera Nazi Jerman yang disebut-sebut terpercik darah para pejuang Hitler yang tewas saat memberontak melawan pemerintah Jerman sebelum Nazi. (Sumber Wikimedia Commons)

Sebelum Adolf Hitler terpilih untuk memimpin Jerman, ia berusaha menggulingkan pemerintah Jerman melalui kekerasan. Sebagai akibatnya, dalam suatu upaya kekerasan, sebanyak 16 pasukannya tewas dan Hitler sendiri dijebloskan ke dalam penjara.

Setelah dibebaskan, ia diberi sehelai bendera bernama Die Blutfahne, yang berarti "Bendera Darah". Bendera itu dikabarkan terpercik oleh darah rekan-rekan seperjuangannya yang tewas.

Bendera itu seakan memiliki sifat mistis dan disebut-sebut menyucikan setiap bendera lain yang bersentuhan. Bendera itu juga dipakai dalam beberapa upacara utama, tapi tidak pernah terlihat lagi sejak Oktober 1944.

2 dari 11 halaman

2. Kematian Subhas Chandra Bose

Subhas Chandra Bose ketika berkunjung ke Jerman. (Sumber Wikimedia Commons)

Pada masa Perang Dunia II, Subhas Chandra Bose adalah pemimpin Tentara Nasional India. Menurut Sekutu, ia adalah seorang pengkhianat karena memiliki kaitan dengan pihak Jepang dan Jerman.

Secara resmi, Bose dianggap meninggal dalam kecelakaan pesawat terbang pada 1945, tapi beberapa pihak mengaku bahwa abu jenazah yang ditemukan berasal dari seorang perwira militer Jepang bernama Ichiro Okura.

Kabar itu diduga untuk menyesatkan orang yang sedang melacak keberadaan Bose. Tapi, kejadian yang sesungguhnya menimpa Bose tidak diketahui hingga sekarang.

3 dari 11 halaman

3. Tentara Inggris di Auschwitz

Auschwitz. (Sumber PxHere)

Pada 2009, para ahli sejarah sedang melakukan perawatan rutin di kamp konsentrasi maut tersebut ketika mereka kemudian menemukan daftar nama prajurit Inggris.

Ada tanda centang pada 8 nama dan tulisan-tulisan dalam bahasa Jerman yang berardi "sejak saat itu", "tidak pernah", dan "sekarang."

Ada banyak teori tentang daftar nama tersebut, misalnya bahwa mereka adalah tawanan perang. Pendapat lain mengatakan bahwa mereka adalah para pengkhianat Sekutu.

4 dari 11 halaman

4. Seniman Ness Gun Battery

Lukisan mural di dinding Ness Battery. (Sumber Ness Battery)

Ness Gun Battery adalah lokasi strategis di Orkney yang terletak di British Isles. Di sana, para prajurit menemukan mural besar pada salah satu dinding aula barak.

Mural itu menggambarkan desa tenang di Inggris dan ada tandatangan "A.R. Woods." Tapi, hingga sekarang, tidak ada orang yang mengetahui siapa orang itu sebenarnya.

5 dari 11 halaman

5. Bola Dunia Milik Hitler

Columbus Globe yang diduga pernah dimiliki Adolf Hitler. Benda itu disebut-sebut sudah hilang.(Sumber Wikimedia Commons)

Salah satu karya komedi klasik Charlie Chaplin yang berjudul "The Great Dictator" menayangkan gambar sang tiran dengan bola dunia yang mencuri perhatian.

Ternyata, Hitler memang sebenarnya memiliki benda serupa yang dikenal sebagai "Columbus Globe."

Hanya ada beberapa bola dunia berukuran besar yang pernah dibuat, tapi yang dimiliki Hitler hilang selama bertahun-tahun.

6 dari 11 halaman

6. Misteri Raoul Wallenberg

Raoul Wallenberg. (Sumber Wikimedia Commons)

Pengusaha Swedia ini adalah pahlawan upaya kemanusiaan, termasuk karena membagikan dokumen palsu bagi kaum Yahudi dan mendirikan dapur-dapur umum.

Ia ditangkap oleh pihak Soviet pada 1945 dan disebut-sebut telah meninggal dunia pada 1947.

Tapi ada beberapa laporan bertentangan terkait "narapidana 7" misterius yang ditanyai selama 16 jam per minggu setelah Wallenberg disebut-sebut telah meninggal.

Beberapa pihak menduga bahwa narapidana yang dimaksud adalah Wallenberg itu sendiri.

7 dari 11 halaman

7. Raibnya Heinrich 'Gestapo' Mueller

Heinrich Mueller (paling kanan) sedang rapat bersama Himmler pada 1939. (Sumber Wikimedia Commons)

Mueller adalah salah satu pemimpin tinggi Nazi yang berhasil lolos dari kejaran selama beberapa dekade, tapi beberapa bukti baru dalam bentuk sertifikat kematian menengarai jasadnya ada di dalam kuburan massal di Berlin.

Pada 1963, ada konfirmasi dari seorang penggali kubur yang sepertinya mendukung teori tersebut.

Tapi, tidak ada caranya untuk benar-benar memastikan karena banyak anggota Nazi memiliki dokumen-dokumen palsu tentang kematian mereka.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

8 dari 11 halaman

8. Misteri Jean Moulin

Monumen mengenang  Jean Moulin. (Sumber Wikimedia Commons)

Penyela Perlawanan Prancis ini ditangkap Gestapo ketika sedang sedang rapat. Ia disiksa dan dikabarkan meninggal ketika sedang dibawa ke Berlin.

Hingga sekarang, tidak ada yang tahu bagaimana caranya pihak Jerman mendapat bocoran cerita. Tapi layak diperhatikan bahwa sesama anggota Perlawanan Prancis yang bernama Rene Hardy adalah satu-satunya yang tidak diborgol.

Namun demikian, pada 1983, Klaus Barbie, seorang perwira Gestapo yang terlibat dalam kejadian, mengeluarkan pernyataan setelah kematian Raymond Aubrac, seorang anggota Perlawanan yang juga hadir dalam rapat.

Pernyataan Barbie menyebutkan bawha Aubrac itulah yang telah berkhianat.

9 dari 11 halaman

9. Pengkhianat Anne Frank

Anne Frank. (Sumber Anne Frank House Collection)

Nama remaja wanita Yahudi itu mungkin sudah cukup dikenal, tap masih ada pertanyaan tentang siapa yang membocorkan rahasia persembunyian dia dan keluarganya.

Ada beberapa teori, misalnya yang mencurigai teman lama Otto Frank yang bernama Tonny Ahlers ataupun manajer pergudangan bernama Willem van Maaren.

10 dari 11 halaman

10. Operation Mincemeat

Mayor William Martin, sosok tak dikenal sebagai umpan bagi musuh dalam Operation Mincemeat.(Sumber Wikimedia Commons)

Sebelum invasi ke Sicilia, pihak Sekutu perlu mengelabui pihak Poros agar mengira bahwa invasi akan terjadi di tempat lain.

Ian Fleming – si penulis kisah James Bond – menggelar Operation Mincemeat. Dalam operasi itu, suatu jasad pria dibekali dengan surat-surat palsu agar ditemukan oleh pasukan lawan.

Dokumen itu menyebutkan bahwa pria tersebut adalah anggota Royal Marines bernama Mayor William Martin. Jasad itu dibuang di pantai Spanyol yang sebenarnya netral tapi condong mendukung kelompok Poros.

Identitas sebenarnya pria itu tidak pernah diketahui hingga sekarang.

Artikel Selanjutnya
Top 3: Kisah 4 Pedang Paling Bersejarah
Artikel Selanjutnya
2-9-1945: Jepang Menyerah, Momentum Berakhirnya Perang Dunia II