Sukses

Menelan Pemantik Rokok, Lambung Pria Ini Bocor

Liputan6.com, Gainesville - Dokter-dokter di Florida terkejut dengan temuan di dalam lambung salah satu pasien berusia 49 tahun yang sebelumnya mengeluhkan nyeri lambung.

Pria penderita skizofrenia itu datang sendiri ke unit gawat darurat the University of Florida College of Medicine. Ia mengeluhkan muntah-muntah yang parah yang disertai dengan nyeri lambung.

Pihak rumah sakit melakukan pemindaian terhadap pasien dan melihat ada benda berbentuk pemantik rokok dalam lambungnya.

Para dokter kemudian melakukan pembedahan untuk mengeluarkan benda asing tersebut. Ternyata, pemantik itu bocor di dalam lambung.

Cairan pemantik yang bocor itu diduga telah menggerus selaput lendir dalam lambung sehingga asam lambung kemudian malah menggerogoti jejaringnya hingga bocor.

Para dokter kemudian mengeluarkan pemantik itu agar lambung pasien mendapatkan kesempatan untuk pulih. Kebocoran itu sudah tertutup lagi ketika ia memeriksakan diri lagi dua bulan setelah pembedahan.

(Sumber CRIEM2017/National Institute of Health/Harris, Stemboroski, Shuja)

Kasus ini telah dilaporkan dalam Case Reports in Emergency Medicine. Dalam laporan dijelasakan juga bahwa pasien penderita skizofrenia tersebut memiliki kebiasaan menelan benda-benda asing, termasuk sendok.

Tertelannya pemantik rokok memang bukan kasus pertama, tapi kebocoran seperti yang dialami pasien tersebut merupakan yang pertama kalinya.

Dr. Ashim Shuja, ahli gastroenterologi yang menangani pria itu, menjelaskan kepada Live Science, "Tukak lambung karena benda asing bukanlah kejadian yang terlalu sering."

"Di masa lalu, pasien kami memiliki riwayat menelan benda-benda seperti sendok dan silet cukur."

Dalam kejadian-kejadian sebelumnya, si pasien harus dirawat di rumah sakit.

 

1 dari 2 halaman

Bahaya Menelan Benda-benda

Dr. Rishi Goel, seorang ahli gastroenterologi di Kingston Hospital, London, menjelaskan kepada MailOnline, "Menelan benda asing bisa sangat berbahaya dan dapat mengarah kepada cedera berat di saluran pencernaan."

"Benda-benda seperti baterai, paku, kancing, dan sebagainya dapat menyebabkan cedera ringan di lambung dan dapat menyebabkan tukak seperti dalam kasus ini."

Benda-benda kecil bisa meintas dengan aman melalui lambung, tapi benda-benda tajam dan berbahaya mungkin harus dikeluarkan dengan endoskop.

"Kerusakan apapun pada lambung yang hingga berdarah ditangani dengan perawatan endoskopik."

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: