Sukses

3 Film Horor Ini Ternyata Berasal dari Kisah Nyata

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan film horor adalah sekadar karya fiksi, tapi ada beberapa film yang mendapat inspirasi dari kejadian sebenarnya yang tidak kalah menyeramkan.

Misalnya, pada tahun 1973, para penggemar film horor disuguhi suatu karya klasik "The Exorcist" yang menceritakan tentang upaya dua orang Pastor untuk mengusir setan dari seorang anak perempuan yang kesurupan.

Ternyata, penulis cerita William Peter Blatty mengacu kepada suatu artikel Washington Post tahun 1949 yang bertajuk, "Priest Frees Mt. Rainier Boy Reported Held in Devil's Grip."

Dalam artikel ada beberapa pastor aliran Jesuit bernama William S. Bowdern, Edward Hughes, Raymond J. Bishop, dan Walter H. Halloran yang melakukan ritual pengusiran setan (exorcism) dari dalam diri seorang anak lelaki di Maryland yang hanya disebut "Roland Doe."

Apa yang ditayangkan dalam film memang mirip dengan kejadian sebenarnya, yaitu ucapan-ucapan anak itu dalam bahasa yang tak dimengerti, ranjang yang berguncang dan mengambang, serta benda-benda yang berterbangan.

Menurut William Friedkin, direktur film The Exorcist, kepada Time Out, "Mungkin suatu hari nanti mereka akan mengungkapkan penyebab apa yang terjadi pada anak itu. Tapi, pada masa itu, ia hanya bisa disembuhkan dengan exorcism."

Tidak biasanya harian sekelas Washington Post menuliskan tentang seseorang yang kerusupan dan kemudian 'dibebaskan'. Tentu ada sesuatu yang berbobot tentang kisah tersebut.

Diringkas dari mentalfloss.com pada Selasa (31/10/2017), berikut ini adalah 3 film horor maupun thriller terkini yang ternyata juga memiliki acuan pada cerita nyata:

 

 

 

1 dari 4 halaman

1. Open Water (2003)

Poster film Open Water (2003). Ada beberapa film yang mendapat inspirasi dari kejadian sebenarnya yang tidak kalah menyeramkan.(Sumber Wikimedia Commons)

Dalam film dikisahkan tentang dua penyelam yang terjebak dalam perairan yang dipenuhi hiu setelah mereka tidak sengaja tertinggal oleh kelompok tur.

Dalam kehidupan nyata, film itu mengacu kepada dua wisatawan Amerika Serikat (AS) bernama Tom dan Eileen Lonergan.

Pasangan itu tersesat di laut ketika kelompok wisata yang bersama-sama mereka hengkang saat pasangan sedang menyelam scuba dekat Great Barrier Reef, Australia, pada 1998.

Ketika perusahaan penyelaman menyadari kesalahan mereka dua hari kemudian, mereka mengupayakan pencarian, tapi pasangan Lonergan tidak pernah ditemukan lagi.

Satu-satunya benda yang ditemukan adalah sebuah slate (perangkat komunikasi bawah air) dengan sebuah pesan SOS berbunyi, "[Mo]nday Jan 26; 1998 08am. To anyone [who] can help us: We have been abandoned on A[gin]court Reef by MV Outer Edge 25 Jan 98 3pm. Please help us [come] to rescue us before we die. Help!!!"

2 dari 4 halaman

2. The Girl Next Door (2007)

Poster film The Girl Next Door (2007). Ada beberapa film yang mendapat inspirasi dari kejadian sebenarnya yang tidak kalah menyeramkan. (Sumber Wikimedia Commons)

Dalam film ini dikisahkan tentang seorang bibi yang melakukan kekerasan terhadap keponakan perempuannya. Seorang anak lelaki di lingkungan tempat tinggal mereka gagal memberitahu pihak berwenang tentang kejahatan tersebut.

Film ini diangkat dari novel karya Jack Ketchum dengan judul yang sama. Novel tersebut bercerita tentang pembunuhan Sylvia Likens, seorang remaja berusia 16 tahun dari Indiana, pada 1965.

Ketika orangtuanya berkeliling negeri sebagai pekerja karnaval, Sylvia dan saudari perempuannya yang bernama Jenny dipercayakan kepada pengawasan Gertrude Baniszewski, seorang sahabat keluarga.

Baniszewski, bersama-sama dengan anak-anaknya dan beberapa anak lain di sekitar tempat tinggal mereka, menyiksa dan melakukan kekerasan terhadap Sylvia di ruang bawah tanah.

Akibat semua kekerasan tersebut, Sylvia meninggal dunia karena perdarahan otak dan kekurangan gizi.

3 dari 4 halaman

3. The Conjuring (2013)

Cuplikan film The Conjuring. (Sumber Flickr)

Dalam film diceritakan tentang dua orang penyidik kejadian paranormal membantu sebuah keluarga yang baru saja pindah ke suatu rumah yang letaknya terpencil. Ada banyak kejadian aneh di rumah tersebut.

Film The Conjuring mengacu kepada kisah dua penyidik paranormal bernama Ed dan Lorraine Warren ketika berurusan dengan keluarga Perron.

Keluarga tersebut baru saja pindah ke suatu rumah pertanian di negara bagian Rhode Island, lalu mengalami kejadian-kejadian mengerikan berkaitan dengan hantu-hantu pada 1971.

Menurut James Wan, direktur film, kepada Entertainment Weekly pada 2013, "Ketika Insidious beredar dan meraih sukses, kisah pasangan Warren sampai kepada saya dan terpikir, 'Wah, ini keren sekali'."

"Tapi saya tidak ingin sekadar membuat kisah lain tentang hantu atau film lain tentang hal supernatural."

"Satu hal yang belum pernah saya coba adalah kesempatan untuk menceritakan suatu kisah berdasarkan karakter dalam kehidupan nyata, orang sesungguhnya. Jadi itulah yang mendorong saya membuat The Conjuring."

Boneka yang menjadi ilham film Annabelle. (Sumber Flickr)

Pasangan Warren juga berurusan dengan boneka Raggedy Ann yang menjadi inspirasi film Annabelle.

Diduga ada roh setan yang mendiami boneka Raggedy Doll. Boneka itu sendiri dipajang dalam kotak kaca terkunci di Warrens' Occult Museum, Monroe, Connecticut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Miller Khan Senang Main Film yang Diangkat dari Kisah Nyata
Artikel Selanjutnya
Bikin Penonton Ketakutan, Ini 5 Bumbu Film Horor yang Selalu Ada