Sukses

6 Selebritas Ini Ternyata Mengidap Penyakit Mematikan

Liputan6.com, Hollywood - Selebritas sejatinya adalah sosok seperti kebanyakan orang. Mereka hanya manusia meski dibalut segala kegemilangan dan publisitas luar biasa.

Seperti manusia pada umumnya, selebritas pun pernah atau tengah mengidap berbagai penyakit parah nan mematikan.

Meski sejumlah seleb sangat vokal akan hal itu, beberapa memilih untuk menangani perjuangan melawan penyakit mereka secara pribadi.

Seperti dikutip dari The Richest (31/10/2017), enam seleb ini masing-masing tengah atau sudah memerangi penyakit yang sangat serius, yang jika tidak ditangani dengan benar dapat mengorbankan nyawa mereka.

Meski mengidap penyakit yang berbeda-beda, kesamaan dari mereka semua adalah masing-masing berjuang tanpa mengumbar ke publik. Simak selengkapnya.

 

1 dari 7 halaman

1. Nick Jonas

Nick Jonas tidak diam dengan berita yang mengabarkan soal dirinya yang menyimpan rasa pada Jennifer. Namun kabarnya ia justru bertanya apakah ada yang salah dengan mencintai. (AFP/Bintang.com)

Nick Jonas menderita Diabetes Tipe 1. Penyakit itu menyebabkan tubuhnya tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup. Tak seperti manusia yang memiliki fungsi insulin yang normal, tubuh Nick justru tidak dapat mengendalikan secara otomatis kadar glukosa yang tinggi di dalam aliran darahnya.

Melalui pemantauan gula darah, berolahraga, mengonsumsi makanan yang tepat, dan mengelola suntikan insulin, seseorang dapat menjalani kehidupan normal dengan penyakit ini.

Namun, jika tidak ditangani dengan baik, penyakit ini bisa menyebabkan kejang yang mengancam jiwa, bersamaan dengan komplikasi serius lainnya seperti mati rasa, kebutaan, dan amputasi. Kini bagi Nick Jonas, mempertahankan tingkat glukosa adalah prioritas utamanya.

 

2 dari 7 halaman

2. Sarah Hyland

Sarah Hyland saat menghadiri Emmy Awards. (AFP/Bintang.com)

Sarah Hyland telah memerangi Dysplasia Ginjal seumur hidupnya. Dulu, orang tua Hyland pernah diberitahu bahwa anak perempuan mereka tidak akan pernah hidup normal.

Pada usia 21, pemeran serial televisi Modern Family itu menjalani transplantasi ginjal berkat ayahnya yang menjadi donor. Namun, kesehatan Hyland masih menjadi masalah.

Sang aktris harus melewatkan seremoni penghargaan SAG (Screen Actors Guild Awards) tahun ini karena masalah kesehatan. Berat badan Hyland turun drastis karena kesehatannya. Publik tak tahu persis keadaan medis Hyland saat ini mengingat ia jarang mengumbarnya ke publik. Namun yang pasti, 2017 menjadi tahun yang sulit baginya.

 

3 dari 7 halaman

3. Nick Cannon

Nick Cannon, Menderita Lupus, Selebriti Ini Senasib dengan Selena Gomez. (Foto: bet.com)

Nick Cannon mengidap Lupus, penyakit autoimun kronis. Penyakit itu menyebabkan sistem kekebalan tubuhnya tak bisa membedakan antara sel dan jaringan yang sehat dengan yang tidak. Akibatnya, dalam sejumlah periode tertentu, sistem kekebalan tubuh penderita terus menyerang sel dan jaringan yang sehat.

Cannon telah dirawat di rumah sakit karena gagal ginjal dan pembekuan darah, semuanya karena Lupus. Meski belakangan ini dia merasa sehat, penyanyi tersebut mengaku bahwa ia harus makan dengan benar dan menjaga kondisi tubuh setiap hari untuk mencegah gejala kambuh serta potensi meninggal akibat Lupus.

 

4 dari 7 halaman

4. Lil Wayne

Menurut Milian, Lil Wayne membantah kabar perselingkuhannya dan bersumpah tidak ada yang terjadi pada foto. Namun Christina Milian tidak percaya pada cerita yang merupakan alasan rapper tersebut. (AFP/Bintang.com)

Lil Wayne menderita Epilepsi dan telah menderita kejang-kejang seumur hidupnya. Epilepsi merupakan penyakit gangguan neurologis dan sangat tidak dapat diprediksi.

Meski epilepsi bisa dikontrol dengan perawatan, namun tidak ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit itu.

Rapper itu pernah mengalami komplikasi serius akibat kejang dan telah dirawat di rumah sakit selama berkali-kali. Akibatnya, pada beberapa kesempatan Lil Wayne harus membatalkan banyak konser karena Epilepsinya.

Jika ia tidak hati-hati dan tidak mengambil langkah yang tepat, Lil Wayne bisa kehilangan nyawanya.

 

5 dari 7 halaman

5. Selena Gomez

Dari kisah yang dituturkan Selena Gomez dapat ditarik kesimpulan bahwa mantan pacar Justin Bieber itu sangat bersyukur jika hidupnya ditolong oleh Francia Raisa. Ia pun merasa diselamatkan oleh sang sahabat. (AFP/Jonathan Leibson)

Selena Gomez juga menderita Lupus. Penyanyi tersebut pernah mengambil cuti dari dunia tarik suara pada 2013 guna menjalani perawatan kemoterapi untuk penyakitnya.

Kekasih Justin Bieber itu baru-baru ini mengungkapkan telah menjalani transplantasi ginjal pada musim panas 2017 karena komplikasi dari Lupus.

Gomez yang awalnya menutup diri mulai terbuka tentang penyakit dan perjuangannya melawan Lupus. Ia juga mengakui Lupus menyebabkan dirinya menderita kecemasan, depresi dan serangan panik.

Tidak ada obat untuk penyakit ini. Maka, mantan bintang Disney itu harus disiplin menjaga kesehatan selama sisa hidupnya.

 

6 dari 7 halaman

6. Jack Osbourne

Jack Osbourne | via: abcnewes.go.com

Jack Osbourne menderita Multiple Sclerosis setelah didiagnosis pada beberapa tahun yang lalu. MS adalah penyakit tak terduga yang pada dasarnya mematikan aliran informasi dari otak ke tubuh. Penyakit itu benar-benar dapat melumpuhkan seseorang dan membuat mereka mengalami keterbatasan mobilitas.

Meski begitu, penyakit tersebut bisa diatasi dengan suntikan steroid rutin dan disiplin menjaga pola kesehatan.

Lewat penyakit yang diidapnya, Osbourne memulai kampanye sosial-kesehatan bertajuk 'You Don’t Know Jack About MS', sebuah usaha untuk menyadarkan publik tentang penyakit Multiple Sclerosis.

Artikel Selanjutnya
Virus Zika Berpotensi Bunuh Sel Kanker Otak Ganas
Artikel Selanjutnya
Waspadai 5 Kondisi yang Bisa Jadi Petanda Kanker Paru