Sukses

29-10-1998: Kakek Berusia 77 Tahun Jadi Astronot Tertua

Liputan6.com, Washington, DC - John Herschel Glenn telah mengharumkan nama Amerika Serikat. Setelah menjadi Warga Negara Amerika pertama yang ke orbit Bumi, Glenn kembali menorehkan sejarah pada 19 tahun silam, yakni 29 Oktober 1998. Ia melaksanakan misi dengan usia yang sudah terbilang uzur.

Dilansir History, Glenn memecahkan rekor sebagai manusia tertua yang pergi ke luar angkasa, pada usia 77 tahun, dengan menggunakan pesawat Discover. Dalam misi ke luar angkasa selama 9 hari, ia melakukan penelitian terkait kesehatan astronot dan pengaruh dunia ruang angkasa terhadap penuaan terhadap manusia.

Glenn ikut misi ke luar angkasa bersama rekannya, yakni pimpinan misi Curt Brown, pilot Steve Lindsey, Scott Parazynski, Steve Robinson dan perwakilan dari European Space Agency astronaut Pedro Duque, juga astronot Jepang Chiaki Mukai.

Dalam misinya itu, Glenn melakukan perjalanan mengorbit Bumi sebanyak 134 kali dengan total jarak 5,8 juta kilometer dalam waktu 213 jam 44 menit. Demikian seperti dimuat Nasa.gov.

Berdasarkan hasil penelitian Gleen dan tim, ditemukan bahwa penerbangan ke luar angkasa memberikan efek terhadap penuaan kulit. Hal ini dilihat dari perubahan keseimbangan manusia terhadap gravitasi, respon sistem kekebalan tubuh, kepadatan tulang-otot, metabolisme dan aliran darah, serta pola tidur.

Sebelumnya, tahun 1957, Glenn pernah menjajal pesawat cepat supersonik mengitari Amerika serikat hanya dalam waktu sekitar 3 jam. Lelaki yang pernah menjabat senator di negaranya itu juga merupakan pilot andalan militer AS terutama dalam misi Perang Dunia II dan Perang Korea.

Pada tahun 1959, Glenn menjadi salah satu dari tujuh astronot yang terpilih oleh NASA untuk menjadi astronot pertama ke luar angkasa. Setelah menjalani sejumlah latihan, ia pada akhirnya berangkat ke luar angkasa pada tahun 1962, mengorbit bumi 3 kali dalam waktu 5 jam.

Glenn saat itu menjadi bintang bagi warga Amerika Serikat. Presiden AS kala itu, John F Kennedy mengunjunginya di Cape Canaveral, Kennedy Space Center. Glenn pun mendapat kehormatan, diundang ke Kongres dan menjadi pembicara di balai perwakilan rakyat tersebut.

Tahun 1964, Glenn mengundurkan diri dari NASA untuk mencalonkan diri sebagai wakil senat dari Ohio. Ia terpilih dan terus berkecimpung di dunia politik. Ia juga sempat mencalonkan diri sebagai presiden dari Partai Demokrat, namun gagal.

Sejarah lain mencatat pada 29 Oktober 1923, Turki menjadi sebuah republik setelah Kerajaan Ottoman hancur. Kemudian, pada 29 Oktober 1960, Cassius Clay, yang kelak dikenal dunia sebagai Muhammad Ali, memenangkan pertandingan profesional pertamanya.

Artikel Selanjutnya
Meski Sudah Meninggal, 5 Selebritas Ini Masih Saja Hasilkan Uang
Artikel Selanjutnya
665 Hari di Luar Angkasa, Astronot 57 Tahun Ini Kembali ke Bumi