Sukses

Fosil Buyut T-Rex Raksasa Ditemukan di Afrika

Liputan6.com, Lesotho - Para ilmuwan telah menemukan bukti pertama adanya dinosaurus raksasa pemakan daging berkeliaran di selatan benua Afrika pada sekitar 200 juta tahun lalu.

Beberapa jejak kaki berjari tiga ditinggalkan oleh megatheropod berkaki dua ditemukan di suatu situs dekat dengan sumber air prasejarah di kerajaan Lesotho. Makhluk itu adalah pendahulu Tyrannosaurus rex (T-rex).

Para pakar menghitung untuk menduga ukurannya, yaitu sekitar 9 meter panjang dan ketinggian 3 meter di panggulnya.

Ukurannya empat kali lebih besar daripada singa yang sekarang ini menjadi karnivora terbesar di selatan Afrika.

Dikutip dari The Independent pada Jumat (27/10/2017), dinosaurus yang dinamai Kayentapus ambrokholohali tersebut jauh lebih besar daripada dinosaurus pemakan daging manapun yang sebelumnya ditemukan di Afrika.

Dr. Fabien Knoll dari University of Manchester di Inggris mengatakan, "Temuan terakhir itu sungguh menarik dan mengungkap hal baru tentang karnivora yang berkeliaran di tempat yang sekarang ini ada di selatan Afrika."

"Alasannya, ia adalah bukti pertama adanya hewan besar pemakan daging yang berkeliaran di kawasan yang diduga didominasi oleh berbagai jenis herbivora, omnivora, dan karnivora berukuran kecil. Pastilah berada di puncak rantai makanan."

Tiap jejak kaki yang terawetkan di bebatuan selama jutaan tahun belakangan ini berukuran panjang 57 centimeter dan lebar 50 centimeter.

 

1 dari 2 halaman

Jauh Lebih Besar Pada Zamannya

Yang menjadikannya penting adalah usia yang bertarikh hingga ke masa Jurassic Awal.

Theropod adalah dinosaurus-dinosaurus berkaki dua pemakan daging, tapi theropod pada masa itu secara relatif berukuran kecil. Kebanyakan berukuran panjang 3 hingga 5 meter, atau sepanjang-panjangnya 7 meter.

Para ilmuwan menduga bahwa theropod mulai membesar menjelang akhir masa Jurassic dan selama masa Cretacous, yaitu suatu masa yang membentang dari 145 juta tahun lalu hingga berakhirnya kekuasaan dinosaurus.

Dinosaurus-dinosaurus yang tidak berevolusi menjadi burung kemudian musnah sekitar 65 juta tahun lalu.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: