Sukses

Gerombolan Burung Masuk Mesin, Pesawat JetBlue Mendarat Darurat

Menurut manajemen JetBlue, sekelompok burung tersebut terbang ke arah mesin pesawat bagian kiri.

Liputan6.com, New York - Sebuah maskapai penerbangan bertarif murah asal Amerika Serikat, JetBlue terpaksa mendarat darurat di bandara terdekat. Pesawat yang dijadwalkan terbang dari Boston menuju Las Vegas itu tak melanjutkan penerbangannya dan mendarat darurat di New York, gara-gara sekawanan burung.

Dikutip dari laman Telegraph.co.uk, Selasa (24/10/2017), akibat gerombolan unggas terbang di dekat pesawat pada Senin, 23 Oktober 2017 tersebut pukul 07.30 pagi waktu setempat, pesawat dengan nomor penerbangan 877 tersebut mendarat di Bandara Internasional John F Kennedy (JFK).

"Pascakejadian, penerbangan JetBlue dialihkan ke Bandara JFK dan total 144 penumpang dialihkan ke pesawat lain, " ujar juru bicara JetBlue, Sharon Jones.

Menurut manajemen JetBlue, sekelompok burung tersebut mengarah ke mesin pesawat bagian kiri. Diduga hewan-hewan itu tersedot ke bagian dalamnya.

Tak hanya akibat tabrakan dengan burung, pilot maskapai tersebut memutuskan untuk mendarat darurat juga karena kondisi cuaca buruk.

Hingga kini, otoritas penerbangan tersebut belum dapat menjelaskan apakah tabrakan burung tersebut mengakibatkan kerusakan serius.

Kejadian ini dianggap jarang terjadi. Namun, akhir-akhir ini banyak peristiwa serupa, di mana sekelompok burung terbang di dekat pesawat dan menganggu aktivitas penerbangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Insiden Serupa di Japan Airlines

Bulan lalu, maskapai penerbangan Japan Airlines juga mengalami hal serupa. Pesawat milik Negeri Sakura itu mengalami kerusakan mesin parah akibat segerombolan burung.

Pesawat tersebut pun akhirnya kembali mendarat di bandara Tokyo.

Sebelumnya, maskapai penerbangan milik AirAsia juga mengalami masalah serupa. Pesawat yang direncanakan mendarat di Kuala Lumpur terpaksa mendarat darurat di Brisbane, Australia.

Tabrakan antara burung dan pesawat lazimnya tak membahayakan mesin, namun dampaknya bisa menganggu penerbangan yang berujung hal fatal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini