Sukses

2 Wilayah di Italia Tuntut Otonomi yang Lebih Besar

Pemimpin wilayah Veneto dan Lombardi menuntut perolehan pajak pendapatan yang lebih besar. Mereka juga ingin 'lebih didengar'.

Liputan6.com, Roma - Di tengah gejolak di kawasan Catalonia yang ingin berpisah dari Spanyol, dua wilayah kaya di Italia juga memutuskan hal serupa. Mereka menuntut otonomi yang lebih luas dari Roma.

Referendum itu dilangsungkan di Veneto dan Lombardi. Seperti dikutip dari VOA Indonesia pada Selasa (24/10/2017), Veneto merupakan wilayah di bagian utara yang mencakup lokasi wisata terkenal, yakni Venesia.

Ada pun Lombardi merupakan wilayah yang memiliki kota Milan sebagai daya tarik utamanya.

Pemimpin kedua wilayah itu mengatakan lebih dari 90 persen warga mereka menginginkan otonomi yang lebih luas. Kedua referendum itu tidak mengikat.

Namun, kedua pemimpin tersebut mengatakan suara warga mereka memberi mandat yang kuat dan lebih maksimal ketika mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Paolo Gentiloni.

Pemimpin kedua wilayah itu ingin memperoleh pajak pendapatan yang lebih besar. Selain itu, mereka ingin agar suaranya dalam isu pendidikan, imigrasi, keamanan dan lingkungan hidup bisa lebih didengar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.