Sukses

Dikejar Hiu, Penyelam Ini Berenang 7,5 Km hingga Sampai ke Darat

Liputan6.com, Canberra - Seorang penyelam asal Inggris, John Craig, mengaku berenang sejauh 7,5 kilometer hingga mencapai pesisir Australia. Hal itu dilakukannya setelah ia tak bisa menemukan perahu yang ditumpanginya dan diikuti oleh seekor hiu.

Kejadian tersebut berawal saat pria berusia 34 tahun itu sedang menyelam di lepas pantai Australia Barat pada 20 Oktober 2017. Ketika sudah kembali ke permukaan laut, ia tak dapat menemukan kapal yang membawanya ke tengah lautan.

Saat itu, Craig melihat hiu dan langsung berteriak meminta tolong. Namun, tak ada orang yang mendengar maupun melihatnya.

Craig lalu berenang sepanjang 7,5 km menuju pesisir dan masih harus berjalan selama 30 menit hingga dirinya ditemukan.

Penyelam berpengalaman asal Inggris yang pindah ke Australia dua tahun lalu itu mengatakan, hiu tersebut tampaknya berjenis hiu harimau dan memiliki panjang 4 meter.

"Hiu tersebut sangat dekat dan terus mendekatiku dari berbagai sudut. Aku berusaha memahami perilakunya dan berpikir mungkin saja aku bisa menjadi santapannya," ujar Craig.

"Itu sangat menakutkan. Aku sempat berpikir bahwa aku akan dimangsa di tengah lautan...hiu ini tak kunjung meninggalkanku," ucap dia.

Ia mengaku, dirinya diikuti oleh hiu yang penasaran itu selama sekitar 15 menit. Craig pun memutuskan berenang menuju Francois Perron National Park setelah melihat tebing merah dari tempatnya berada.

"Pada saat itu aku berpikir aku akan mati--7,5 kilometer dari daratan dengan hiu yang mengikuti--aku berpikir ini adalah akhir hidupku, ini adalah cara aku mati," ujar Craig.

Craig mengatakan bahwa ia merasa hiu itu terus mengikutinya hingga ke pesisir. Namun, hiu itu berangsung-angsur pergi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Craig Kembali ke Daratan

Craig memperkirakan bahwa ia telah berenang selama tiga jam sebelum akhirnya tiba di daratan. Di sana, ia melihat upaya penyelamatan air dan udara sedang dilangsungkan.

Namun, para tim penyelamat tak kunjung menemukan keberadaannya. Craig pun memutuskan berjalan menuju tempat perkemahan hingga sebuah pesawat melihat pria itu setelah ia 30 menit berjalan kaki.

"Aku tak percaya bahwa seseorang dapat berenang sejauh itu dalam waktu singkat," ujar Glen Ridgley dari Shark Bay Volunteer Marine Rescue.

Craig akhirnya bertemu kembali dengan istrinya di atas kapal penyelamat. Ia pun memuji respons cepat tim penyelamat yang ada di daerah tersebut.

Ternyata, perahu yang mengangkutnya mengalami masalah mekanis. Namun, teman yang mengendarai perahu tersebut ditemukan dalam kondisi baik.

Menurut International Shark Attack File, hiu harimau bertanggung jawab atas serangan tertinggi kedua terhadap manusia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.