Sukses

Video Badai Brian Nyaris Bikin Celaka Pesawat Saat Mendarat

Liputan6.com, Bristol - Salah satu risiko yang paling menantang pilot pesawat terbang adalah ketika melakukan pendaratan saat angin kencang berembus di landasan. Di Inggris, Badai Brian membuat pendaratan pesawat terbang menjadi pengalaman yang sangat mengerikan.

Misalnya pendaratan pesawat terbang di bandara Bristol. Pesawat yang sedang akan mendarat diterpa angin samping yang sangat kencang sehingga amat menyulitkan pendaratan.

Dikutip dari News.com.au pada Senin (23/10/2017), laporan The Sun menjelaskan bagaimana pesawat jet ATR yang melakukan penerbangan regional Aer Lingus terdorong ke samping hingga kemudian terhempas ke landasan bandara Bristol.

Selain Bristol, pendaratan di bandara Manchester juga mendebarkan. Sebuah pendaratan pada Minggu 22 Oktober 2017 pun beredar di dunia maya.

Pesawat yang sedang akan mendarat tampak bergeser ke kiri dan kanan saat mendekati landasan.

Saksikan video mendebarkan pesawat ini mendarat di tengah terpaan Badai Brian:

Namun demikian, seorang pakar penerbangan menjelaskan kepada Sun Online bahwa pendaratan angin samping yang disebabkan sebuah badai memang tampak dramatis tapi itu bukan masalah bagi pilot. 

1 dari 2 halaman

Cuaca Ekstrem di Seluruh Inggris

Badai Brian sedang menyelimuti Inggris sambil membawa angin dan hujan ekstrem.

British Airways (BA) telah membatalkan 20 penerbangan menuju dan meninggalkan Heathrow karena kecepatan pendaratan telah sangat dikurangi.

Beberapa penerbangan yang dibatalkan antara lain rute bolak-balik ke Aberdeen, Dublin, Jenewa (Swiss), Milan (Italia), Madrid (Spanyol), dan Nice (Prancis).

Pernyataan situs web BA berbunyi, "Angin kencang diramalkan terjadi di seluruh Inggris untuk Sabtu 21 Oktober dan kondisi cuaca akan menyebakan gangguan pada semua penerbangan."

Warga Inggris berjuang melawan kekacauan transportasi, terputusnya daya, dan banjir akibat pendaratan Badai Brian yang disertai curah hujan dan angin yang kencangnya hingga 113 kilometer per jam.

Ada 6 peringatan cuaca yang masih berlaku di seluruh negeri. Pihak berwenang juga memperingatkan para pelancong agar tidak mencelakakan diri sendiri dengan "selfie badai" di tengah cuaca buruk.

Sebuah gelombang angin kencang dan ombak tinggi menghantam pantai barat Irlandia pada malam lalu, hanya beberapa hari setelah badai Ophelia memakan 3 korban jiwa dan menelantarkan ribuan orang tanpa tenaga listrik, kebanyakan di Republik Irlandia.

Peramal cuaca Craig Snell dari Met Office mengatakan, "Di seluruh Irlandia, kawasan-kawasan yang paling dihancurkan oleh Ophelia juga akan mengalami dampak terburuk Brian."

 

 

Artikel Selanjutnya
Penampakan Seram Badai Raksasa Irma Tertangkap Lewat Foto Satelit
Artikel Selanjutnya
Diduga Mabuk, Wanita Ini Buat Onar di Pesawat Ryanair