Sukses

Surat Terakhir Harapan Penumpang Titanic Sebelum Karam...

Liputan6.com, Wiltshire - Sepucuk surat yang sejauh ini menjadi surat terakhir yang dituliskan oleh seorang penumpang Titanic dilelang oleh sebuah balai lelang Inggris pada Sabtu lalu.

Surat yang ternoda oleh air asin Samudra Atlantik itu ditemukan dalam buku saku yang melekat pada jasad seorang penumpang bernama Alexander Oskar Holverson ketika sedang dilakukan upaya pertolongan.

Surat Helverson kepada ibunya bertanggal 13 April 1912, sehari sebelum Titanic menabrak gunung es yang menyebabkan karamnya kapal termewah pada zamannya.

Sebanyak 1.514 penumpang dan awak tenggelam dalam pelayaran perdana tersebut.

Surat dari Alexander Oskar Holverson untuk ibunya. (Sumber Henry Aldridge and Son)

Seperti dikutip dari Today pada Minggu (22/10/2017), ada kalimat yang dirasa mengerikan, demikian bunyinya, "Jika semua baik-baik saja kami akan tiba di New York pada Rabu pagi."

Balai lelang Henry Aldridge and Son di Wiltshire, Inggris, memperkirakan akan meraup antara US$ 80 hingga 100 ribu untuk benda itu, demikian menurut unggahan resmi perusahaan.

Andrew Aldridge menjelaskan melaui surel kepada Today demikian, "Menurut pendapat saya, ini adalah surat terpenting yang ditulis di atas Titanic yang pernah hadir di pasar."

"Surat itu luar biasa dalam hal isi, konteks sejarah, dan kelangkaannya."

 

Foto Alexander Oskar Holverson dan istrinya. Pengusaha itu meninggal dalam malapetaka Titanic, tapi istrinya selemat. (Sumber Henry Aldridge and Son)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sampai ke Alamat Tujuan

Surat dari Alexander Oskar Holverson untuk ibunya. (Sumber Henry Aldridge and Son)

Surat itu dituliskan pada lembaran dengan kepala surat "On board R-M-S Titanic," dan menyebutkan keberadaan John Jacob Astor, orang terkaya sedunia pada masa itu. Astor termasuk salah satu korban meninggal dunia.

Holverson menuliskan, "Tuan dan Nyonya John Jacob Astor ada di kapal ini. Ia terlihat seperti manusia biasa lainnya walaupun ia memiliki uang dalam jumlah jutaan. Mereka duduk di dek bersama dengan kami semua."

Holverson sendiri adalah seorang pebisnis sukses di New York. Ia baru saja berlibur ke Buenos Aires bersama istrinya dan kemudian ke Inggris untuk menumpang Titanic menuju Amerika Serikat (AS).

Hilverson meninggal dunia, tetapi istrinya selamat. Akhirnya surat Holverson disampaikan kepada alamat tujuan, yaitu ibunya. Keluarganyalah yang sekarang memutuskan untuk melelang surat dari kerabat mereka.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.