Sukses

Ilmuwan Ungkap Bukti Adanya Aligator Pemangsa Hiu

Liputan6.com, Atlanta - Selama ini kita mengetahui bahwa aligator berhabitat di air tawar, sementara hiu berada di air laut. Keduanya pun hampir tak pernah terlihat berada di alam yang sama.

Namun, baru-baru ini ilmuwan mengumumkan penemuan mengejutkan soal aligator. Hewan yang menyerupai buaya itu ternyata juga memangsa hiu.

Meski jarang, pertarungan antara aligator dan hiu beberapa kali terjadi di muara, tempat bertemunya air tawar dan laut.

Untuk mengetahui lebih dalam atas kasus tersebut, peneliti dari Kansas State University James Nifong, mengumpulkan laporan paling komprehensif tentang pertemuan kedua predator.

"Dalam artikel itu, kami mendokumentasikan bahwa aligator memangsa tiga spesies baru hiu dan satu spesies ikan pari," ujar Nifong seperti dikutip dari Mother Nature Network, Rabu (18/10/2017).

"Sebelum ini, hanya ada beberapa pengamatan dari sebuah pulau di lepas pantai Georgia (Amerika Serikat). Namun temuan baru itu mendokumentasikan terjadinya interaksi keduanya dari pesisir Georgia di sekitar semenanjung Florida, sampai ke Gulf Coast dan Florida Panhandle."

"Penemuan ini membawa berita baru bagaimana pentingnya hiu dan ikan pari atas aligator, dan kematian beberapa hiu remaja saat kita mempertimbangkan tentang manajemen populasi spesies yang terancam punah," jelas Nifong.

 

1 dari 2 halaman

Hiu Memangsa Aligator

Meski dalam pertemuan itu aligator lebih sering menang, bukan berarti hiu tak pernah membalik posisi tersebut.

Nifong juga melihat ada beberapa laporan dari tahun 1800-an yang menyebut bahwa dalam pertarungan itu, hiu lah yang melahap aligator.

Dari sejumlah kasus itu diketahui, tempat berperan penting terhadap siapa yang akan menjadi pemenang.

Hiu yang cenderung berenang ke muara biasanya masih remaja atau berukuran lebih kecil. Lain halnya jika aligator terseret ke laut dan harus berhadapan dengan hiu dewasa. Situasi yang terjadi bisa kebalikannya.

Selain itu, terdapat juga fosil buaya dari zaman dinosaurus yang menunjukkan bukti bahwa hewan berkaki empat itu dimangsa oleh hiu purba. Jadi, hasil pertarungan dua predator itu bergantung pada waktu, tempat, dan kekuatannya.

Penelitian tersebut dipublikasikan di jurnal Southeastern Naturalist.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Peneliti Temukan Ukuran Black Hole Baru
Artikel Selanjutnya
Seperti Otak Manusia, Makhluk Misterius Ini Bikin Heboh Ilmuwan