Sukses

Video Ini Bukti Keberadaan Makhluk Mistis Naga di China?

Liputan6.com, Hebei - Penduduk sebuah desa di China mengklaim menemukan seekor naga mati. Mereka menyebut kerangka aneh itu sebagai bukti bahwa makhluk mistis tersebut benar-benar ada.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (17/10/2017), tulang belulang sepanjang 60 kaki atau sekitar 18 meter itu memiliki dua lengan kecil yang menonjol di bagian tangan. Namun, tengkorak kepalanya terlihat seperti sapi.

Kerangka aneh itu ditemukan di lapangan di Kota Zhangjiakou Provinsi Hebei, di utara China.

Tak seperti naga yang digambarkan dalam mitologi Barat, naga tradisional China tetap bisa terbang meski tak memiliki sayap. Ia konon bergerak dengan cara meliuk seperti ular di udara.

Sejauh ini belum dapat dipastikan bahwa tulang belulang itu adalah milik naga. 

Dalam rekaman yang diambil oleh berbagai saksi di lokasi temuan kerangka aneh, terlihat puluhan penduduk desa tengah mengelilingi tulang-belulang tersebut.

Penduduk desa tak tahu apa yang harus mereka lakukan dengan kerangka tersebut. Meski bersifat takhayul, menurut mereka, jika diperhatikan tulang-belulang itu memang terlihat seperti makhluk mitos naga.

Namun, sejumlah warganet di media sosial China menduga, kerangka itu sepertinya sengaja ditempatkan di sana. Mungkin sebagai properti untuk sebuah film.

Kendati demikian, sejauh ini tak ada yang muncul untuk mengkonfirmasi klaim tersebut.

Di situs www.wukong.com, orang-orang menulis bahwa kerangka itu tampak seperti properti film yang dibuat dengan tulang sapi atau domba.

Seorang penulis di situs tersebut juga mengunggah gambar penduduk setempat yang seolah-olah "mengendarai" makhluk itu. Lalu berkomentar bahwa adegan itu menjadi bukti bahwa itu adalah lelucon belaka.

"Penduduk desa mengendarainya dan berfoto. Tak terlihat rasa hormat pada kerangka hewan mistis itu, sehingga jelas mereka tahu apa itu sesungguhnya. Pihak berwenang setempat di Zhangjiakou juga belum mengeluarkan pernyataan tentang temuan yang disebut 'tulang belulang naga' itu".

Terlepas dari asal-usul kerangka yang masih misterius, video yang beredar di dunia maya sudah dilihat lebih dari 10 juta kali. Mungkinkan itu tipuan populer?

Berikut ini rekaman videonya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hewan Pemilik Kerangka Misterius Serupa Naga

Sebelumnya, sebuah kerangka makhluk laut misterius mirip naga pernah ditemukan terombang ambing di Pantai Waitarere dekat Kota Levin di Selandia Baru.

Dengan tengkorak yang besar dan tulang punggung panjangnya sekitar 2 meter, kerangka itu mirip dengan gambaran naga. Maria Lombard, wanita yang menemukan kerangka tersebut kemudian mengirimnya ke Museum Te Papa di Selandia Baru.

Seperti dikutip dari stuff.co.nz pada 13 Februari 2016, rahasia kerangka misterius itu akhirnya terpecahkan. Tulang belulang itu ternyata berasal dari hewan laut.

Melalui Twitter, Museum Te Papa menjelaskan bahwa kerangka itu berasal dari ikan pari mulus (Dipturus innominatus). Tengkorak yang tersisa merupakan bagian pelindung otak hewan tersebut.

Menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN), spesies ini tersebar luas di perairan Selandia Baru. Mereka bisa ditemukan hingga kedalaman 1.200 meter, walaupun jarang lebih dalam dari 800 meter.

Hewan ini berumur panjang dan bisa mencapai usia lebih dari 24 tahun. Hewan betinanya memasuki kesuburan setelah usia 13 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Naga