Sukses

Ini 10 Kata yang Harus Dimengerti Seluruh Pilot di Dunia

Liputan6.com, London - Apakah Anda pernah mendengar istilah deadhead, squawk, atau bagaimana cara merespons pan-pan?

Itu adalah tiga dari 300 contoh istilah khusus yang harus dipahami oleh pilot, tak memandang kewarganegaraan mereka. Menurut laporan The Sun, bahasa penerbangan atau Aviation English merupakan kombinasi jargon profesional dan Bahasa Inggris yang mudah.

Bahasa tersebut dibuat agar pilot dan pengawas lalu lintas udara atau air traffic controllers (ATC) tak saling salah dengar dan menghindari kemungkinan kecelakaan fatal yang dapat terjadi.

Salah satu kecelakaan pesawat paling mematikan dalam sejarah pernah disebabkan oleh kebingungan dalam halbahasa.

Pada tahun 1977, dua pesawat Boeing 747, yakni KLM dan Pan Am, bertabrakan di Bandara Tenerife, Spanyol. Sedikitnya 583 orang tewas dalam kecelakaan paling mematikan dalam sejarah penerbangan itu.

Menurut penyelidikan, kebingunan bahasa antara pilot dan ATC karena masalah logat menjadi salah satu penyebabnya. Pilot KLM yang tak menggunakan bahasa standar juga membingungkan pihak ATC.

Hal itu diperparah dengan cuaca yang buruk sehingga pilot KLM, Pan Am, dan pihak ATC tak memiliki visibilitas yang jelas.

Menyusul terjadinya sejumlah kecelakaan, International Civil Aviation Organization (ICAO) menyarankan Bahasa Inggris sebagai bahasa penerbangan internasional.

Namun, bahasa itu bukanlah seperti Bahasa Inggris yang kita kenal.

"Belajar berbicara di radio pesawat adalah salah satu aspek pembelajaran yang paling menantang dalam belajar penerbangan, dan pilot baru harus mengikuti ujian tertulis dan praktek untuk membuktikan kemampuan mereka," demikian menurut blog Oxford Dictionary.

Meski bahasa penerbangan terus berubah, pilot diminta untuk dapat lulus tes bahasa yang ketat agar dapat menerbangkan pesawat dengan aman. Seperti dikutip dari News.com.au, Selasa (17/10/2017), berikut beberapa antaranya.

 

1 dari 2 halaman

10 Kata yang Harus Dipahami Pilot

1. Affirm

Berlawanan dengan kepercayaan populer, pilot tak mengatakan affirmative untuk mengatakan ya. Bahasa yang tepat adalah affirm, yang dilafalkan 'AY-firm'.

2. Approach

Approach berarti menuju daratan

3. Deadhead

Kata deadhead mengacu pada awak kabin yang sedang berjalan di antara kursi penumpang

4. Mayday

Mayday adalah panggilan dalam keadaan darurat yang mengancam jiwa, seperti terjadinya kegagalan mesin. Bahasa itu berasal dari Bahasa Prancis "m'aidez" (bantu saya). Pilot harus menyebut mayday sebanyak tiga kali di awal panggilan radio.

5. MEL - Minimum Equipment List

MEL berarti ada perlatan di pesawat yang rusak tapi tak membahayakan penerbangan, misalnya saja mesin kopi yang tak berfungsi.

6. Pan-pan

Pan-pan adalah tanda bahaya yang lebih ringan dibanding mayday dan digunakan dalam keadaan serius namun tak mengancam nyawa. Pan-pan berasal dari Bahasa Prancis 'panne' yang berarti rusak. Seperti mayday, pan-pan diucapkan sebanyak tiga kali.

7. Roger

Jika seseorang berkata 'roger', berarti orang tersebut telah menerima pesan. Namun bukan berarti, seseorang tersebut akan mematuhi pesan yang diterimanya.

8. Squawk

Squawk adalah kata yang diucapkan untuk menyetel transponder, yakni alat untuk menerima sinyal radio sehingga lokasi pesawat bisa diidentifikasi radar.

9. Standby

Standby berarti 'mohon tunggu' dan biasanya digunakan ketika ATC atau pilot terlalu sibuk untuk menerima pesan.

10. Wilco

Wilco adalah singkatan dari 'will comply', yang berarti pilot telah menerima pesan dan akan mematuhi.

Artikel Selanjutnya
Pekerjaan Anak Cucu Kita Akan Dicuri Robot?
Artikel Selanjutnya
Ini 4 Hal yang Terjadi Jika Alien Mendarat ke Bumi?