Sukses

Badai Ophelia Terjang Irlandia dan Inggris, 3 Orang Tewas

Liputan6.com, Dublin - Badai Ophelia yang menerjang Irlandia dan Inggris utara telah menewaskan tiga orang. Badai langka itu juga membuat 360.000 orang di Irlandia tak menerima aliran listrik.

Angin berkecepatan 160 kilometer per jam telah menerjang Irlandia pada Senin 16 Oktober 2017. Selain jaringan listrik yang terganggu, badai itu juga menyebabkan sejumlah gangguan lain.

Lebih dari 140 penerbangan dari bandara Irlandia terpaksa dibatalkan. Badai yang menerjang pada Senin pagi itu juga memaksa seluruh rute bus di Dublin diberhentikan pada pukul 10 pagi.

Dikutip dari BBC, Selasa (17/10/2017), Perdana Menteri Irlandia, Leo Varadkar, menggambarkan dampak Badai Ophelia sebagai keadaan darurat nasional. Pasalnya, sekolah dan perguruan tinggi terpaksa diliburkan dan kemacetan juga terjadi di sejumlah tempat.

Menteri Pendidikan Irlandia, Richard Bruton, mengumumkan bahwa seluruh sekolah dan perguruan tinggi akan diliburkan hingga Selasa 17 Oktober 2017. Setelahnya, Departemen Pendidikan di Irlandia Utara mengatakan bahwa seluruh sekolah juga akan diliburkan hingga Selasa.

Varadkar mengatakan, Ophelia adalah badai terburuk yang pernah menerjang Irlandia dalam 50 tahun dan membuat orang-orang harus tinggal di dalam rumah.

"Terakhir kali kita diterjang badai parah, 11 orang tewas, jadi keselamatan adalah prioritas utama," ujar Varadkar merujuk ke Badai Debbie yang terjadi pada tahun 1961.

Menteri Luar Negeri Irlandia, Simon Coveney, mengatakan bahwa pemerintah telah diberi arahan bahwa angin kencang akan menyebabkan gelombang besar hingga ketinggian 12 meter di pesisir Irlandia.

Seusai menerjang Irlandia, Badai Ophelia tiba di Irlandia Utara dengan kecepatan 128 kilometer per jam. Sekitar 18.000 rumah di Inggris bagian utara itu tak teraliri aliran listrik karena terputusnya jaringan akibat pohon tumbang.

Sebuah pohon juga jatuh di jalur kereta api di Lambeg. Hal itu menganggu jadwal salah satu jalur kereta tersibuk di wilayah tersebut.

Sejumlah jalanan di ibu kota Irlandia Utara, Belfast, juga ditutup akibat berterbangannya sejumlah puing. Jembatan terbaru yang membentang di atas Sungai Foyle di Derry juga ditutup.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.