Sukses

Pesawat Ini Terbang di Rute 'Iblis' pada Hari Sial, Apa Jadinya?

Liputan6.com, Helsinki - Pada hari Jumat tanggal 13 Oktober 2017, sebuah penerbangan bernomor unik mendarat dengan selamat di HEL untuk terakhir kalinya.

Nomor penerbangan yang dimaksud adalah 666, yang bagi beberapa orang dikaitkan dengan angka perlambang setan atau iblis. Demikian juga Jumat tanggal 13 yang disebut-sebut sebagai hari yang sial.

Sementara itu, dalam bahasa Inggris, kata HEL sama bunyinya dengan kata "hell" yang berarti neraka. HEL itu sendiri adalah kode internasional untuk bandara Helsinki di Finlandia.

Dikutip dari News.com.au pada Senin (16/10/2017), penerbangan dalam kisah ini adalah Finnair 666 yang melakukan penerbangan harian dari Kopenhagen (Denmark) ke Helinski.

Finavia, operator untuk 21 bandara di Finlandia, pada Jumat lalu menjelaskan bahwa penerbangan pada Jumat lalu itu mendarat 8 menit lebih awal pada 3.47 sore waktu setempat, demikian menurut laporan Fox News.

Peta perjalanan penerbangan Finnair AY666 pada Jumat 13 Oktober 2017. (Sumber flightradar24.com)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerbangan Terakhir Setelah 11 Tahun

Ilustrasi bandara Helsinki. (Sumber Wikimedia Commons)

Penerbangan Finnair 666 dimulai pada 2006 dan sudah 21 kali berlangsung tepat pada Jumat bertanggal 13. Namun, selama ini tidak ada laporan adanya masalah baik yang bersifat alamiah ataupun yang lainnya.

Pada 2013, sebelum sebuah penerbangan Jumat tanggap 13, seorang pilot veteran Finnair bernama Juha-Pekka Keidas mengatakan kepada Associated Press, "Hal itu sudah lama menjadi guyonan di kalangan pilot."

"Saya bukan orang yang percaya takhayul. Bagi saya, hal itu hanya kebetulan saja."

Walau begitu, Finnair tetap memutuskan untuk menghentikan penerbangan 666 karena adanya penggantian nomor penerbangan di akhir bulan ini, dari penerbangan AY666 menjadi AY954.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.