Sukses

Sampul Asli Komik Asterix Terjual Rp 22,2 M dalam Lelang di Paris

Sebuah ilustrasi asli dari sampul komik awal Asterix laku senilai lebih dari Rp 22,2 miliar, tujuh kali lipat dari harga yang diperkirakan.

Liputan6.com, Paris - Sebuah ilustrasi asli dari sampul komik awal Asterix, telah laku senilai lebih dari 1,4 juta euro atau sekitar Rp 22,2 miliar dalam sebuah lelang di Paris.

Dikutip dari BBC, Minggu (15/10/2017), nilai tersebut tujuh kali lipat lebih tinggi dari harga awal yang diperkirakan.

Gambar komik tahun 1964 berjudul Le Tour de Gaule d'Astérix itu, ditandatangani oleh pembuatnya, Albert Uderzo and Rene Goscinny.

Rumah pelelangan Drouot mengatakan, keduanya menandatangai ilustrasi tersebut dan mendedikasikannya kepada produser TV dan film Prancis, Pierre Tchernia.

Sementara itu ilustrasi lain yang didedikasikan kepada pria yang sama terjual hampir 1,2 juta euro atau sekitar Rp 19 miliar.

Mengambil latar waktu pada 50 SM, komik tersebut bercerita soal Asterix dan Obelix dari Desa Gaul (Galia), dalam upaya mereka mencegah invasi Romawi dengan bantuan ramuan yang memberi kekuatan super pada peminumnya.

Ratusan juta komik Asterix pun terjual sejak series itu dimulai.

Goscinny meninggal pada 1977. Uderzo pun mulai menyerahkan kendali Asterix kepada seniman lain enam tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.