Sukses

Video Dramatis Tornado Mini Muncul di Kolam Renang Hotel

Liputan6.com, Athena - Cuaca aneh melanda kota kuno Lindos, di pulau Yunani Rhodes. Dalam hitungan menit, tiba-tiba muncul tornado mini di kolam renang sebuah hotel.

Cabang pohon palem bergerak kencang sebelum tornado kecil mulai berkecamuk di sekitar permukaan air. Dua parasol terbang ke langit.

Para wisatawan terkejut saat mini tornado terbentuk di kolam renang

Seperti dikutip dari Daily Mail, Kamis (12/10/2017), Ian Henderson yang sedang berlibur di Yunani bersama teman-temannya berinisiatif merekam penampakan aneh itu di telepon genggamnya.

"Saya tengah duduk-duduk menikmati cahaya matahari saat melihat tornado di kolam renang. Awalnya saya pikir itu adalah udara yang ditiupkan ke air oleh staf," ujar Henderson.

"Suasana hening dan tiba-tiba terasa sangat berangin di sisi kolam, parasol besar pun terbang ke langit. Ada beberapa orang di kolam renang dan orang-orang santai di sekitarnya."

"Kami semua sangat terkejut. Kami berdiri dan memastikan anak-anak selamat. Dua parasol besar lalu berterbangan ke langit.... Semua orang berlari mencari perlindungan. Dalam beberapa menit semua sudah berlalu.

Semua orang terkejut melihat fenomena itu.

"Semua orang mengatakan ada tornado mini," ujar salah satu pekerja konstruksi yang berada di lokasi tersebut.

"Saya menduga itulah yang terjadi, karena tornado disebabkan oleh kombinasi udara panas dan dingin. Rasanya berangin tapi hari itu panas sekitar 28 derajat."

Dia mengatakan bahwa sepuluh menit setelah badai aneh itu, petugas pemeliharaan berkeliling memeriksa apakah sejumlah parasol yang terpasang di tepi kolam tetap aman digunakan

"Ini mengejutkan semua orang, bahkan staf. Dalam beberapa menit semuanya terjadi," jelas Henderson.

Berikut ini rekaman dramatis saat tornado mini masuk ke dalam kolam renang hotel mewah dan menerbangkan sejumlah parasol:

1 dari 2 halaman

Tornado Ekor Iblis

Sebuah fenomena alam nan menakjubkan sebelumnya juga terjadi di Chihuahua, utara Meksiko, berupa badai tornado supercell.

Tak seperti badai reguler, tornado supercell adalah sebuah badai petir yang ditandai dengan adanya siklon (putaran) yang terus-menerus berputar ke atas. Yang membedakan tornado supercell dengan jenis badai biasa adalah pada aspek skala rotasi.

Tornado supercell memiliki rotasi siklon berskala besar yang membumbung tinggi ke atas langit. Hal ini disebabkan adanya kelembaban udara, anomali atmosfer, serta tingginya intensitas hembusan angin kencang di suatu wilayah.

Dari empat klasifikasi badai (supercell, squall line, multisel, dan single-cell), badai supercell memiliki potensi merusak yang paling parah ketimbang ketiga jenis badai lain.

Menurut pakar klimatologi dan pemburu badai Mike Hollingshead, tornado supercell dilaporkan sering terjadi di wilayah dataran rendah Amerika Serikat di Nebraska, Dakota Selatan, dan Dakota Utara.

Dan kali ini, tornado supercell dilaporkan terjadi di Chihuaha, sebuah provinsi di utara Meksiko, demikian seperti dikutip dari The Washington Post pada 4 Juni 2017.

Laporan itu dikabarkan oleh media Meksiko La Opcion dan dikutip oleh The Washington Post.

Dua buah video yang mendokumentasikan detik-detik formasi pembentukan dan putaran penuh tornado supercell Chihuahua Meksiko viral di dunia maya.