Sukses

10 Fakta Menakjubkan yang Jarang Diketahui Orang

Liputan6.com, Jakarta - Kita sering mendengar ucapan bahwa tidak ada yang baru di bawah matahari dan mungkin kita berpendapat bahwa yang tidak kita ketahui tidak akan membunuh kita.

Tapi, pengetahuan yang terbatas merupakan sesuatu yang berbahaya dan mungkin bisa mencelakakan.

Dikutip dari wonderslist.com pada Rabu (11/10/2017), masih ada banyak yang tidak ketahui di dunia ini, misalnya 10 fakta menakjubkan berikut ini: 

1 dari 11 halaman

1. Warna Biru Facebook

Logo Facebook. (Sumber Pixabay)

Hampir semua di antara kita sekarang adalah pengguna atau pernah mendengar tentang Facebook, perusahaan jejaring sosial yang berkedudukan di Amerika Serikat (AS).

Perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg pada 2004 itu awalnya adalah situs web bagi para mahasiswa Harvard University, tapi kemudian memperluas keanggotaan kepada beberapa universitas lain di sekitar Boston.

Alasan pemilihan warna biru pada lambang situs ataupun aplikasi Facebook adalah karena Mark Zuckerberg buta warna -- ia tidak bisa membedakan hijau dan merah.

 

2 dari 11 halaman

2. Perpustakaan Manusia

(Sumber Human Library Organization)

Human Library Organization adalah sebuah organisasi dan gerakan masyarakat yang sekarang aktif di 60 negara.

Kegiatan kelompok itu serupa dengan perpustakaan. Hanya saja, yang bisa dipinjam adalah manusia, bukan buku.

Manusia peserta organisasi itu pun terlibat dalam perbincangan dan berbagi kisah kehidupan dengan publik yang 'meminjam'.

 

3 dari 11 halaman

3. Peraturan Tentang Helm

Ilustrasi (Rio Apinino/Liputan6.com)

Pada 2011 pihak New York Police Department (NYPD) menerapkan kewajiban pemakaian helm bagi semua pengendara motor.

Untuk menyatakan ketidakpuasan, 550 pengendara sepeda motor berkeliling memprotes kewajiban baru tersebut. Saat berkeliling, seorang pengendara motor menarik rem sedemikian rupa sehingga motornya terguling.

Pria itu terlempar ke tanah dan mengalami cedera kepala. Ketika dilarikan ke rumah sakit, ia meninggal dunia.

Melalui wawancara, seorang pakar medis menjelaskan bahwa ia yakin korban masih bisa selamat seandainya ia memakai helm.

 

4 dari 11 halaman

4. Bola Lampu Menyala Paling Lama

Livermore Centennial Light Bulb. (Sumber Wikimedia Commons)

Bagi kebanyakan di antara kita, bola lampu hanya berumur beberapa bulan saja. Bola lampu yang tahan lama tentu mahal harganya.

Ternyata, ada bola lampu berusia lebih dari seratus tahun di Livermore, California, yang dinyalakan sejak 1901.

Pada awalnya, dayanya adalah 40 watt dan sudah terbakar sepenuhnya. Kecerahannya pun sekarang sudah setara lampu 4 watt. Walau terkadang padam, ia masih bisa menyala.

 

5 dari 11 halaman

5. Truk Keamanan Samsung

Truk aman Samsung. (Sumber Samsung)

Mungkin tidak banyak di antara kita yang tidak mengetahui bahwa, selain menjadi perusahaan elektronika, Samsung juga membuat tank militer.

Selain itu, Samsung juga merancang truk yang dipasangi kamera di moncong depan dengan tampilan layar datar di belakangnya.

Dengan demikian, para pengemudi yang ada di belakang truk dapat melihat apa yang ada di depan kendaraan besar tersebut sehingga mengurangi kecelakaan.

 

6 dari 11 halaman

6. Mekanisme Oligodinamik

Ilustrasi perangkat makan dari bahan perak. (Sumber Max Pixel)

Ada beberapa kenop pintu kuningan, perangkat perak, dan beberapa benda logam berat yang melakukan sterilisasi diri menggunakan mekanisme oligodinamik.

Logam-logam bereaksi terhadap kelompok protein thiol (-SH) atau amine (-NH) sehingga menciptakan daya tahan terhadap organisme mikro, yaitu virus dan bakteri.

Jadi, ketika kita suatu saat memasuki kamar mandi dengan kenop atau pipa kuningan atau perak, jangan terlalu khawatir menyentuhnya.

 

7 dari 11 halaman

7. Penguasa Hutan

Ilustrasi singa. (Sumber Wikimedia Commons)

Pada 2005, seoarang anak perempuan Etiopia berusia 12 tahun dan diculik oleh para pria yang mencoba memaksanya menikah dengan salah satu di antara mereka.

Tak disangka, datanglah 3 ekor singa mengejar para penculik itu, tapi kemudian mereka berbaring tenang dekat anak perempuan tersebut dan melenggang pergi dengan tenang ke hutan ketika pertolongan datang pada si remaja putri.

Menurut artikel Fox News, anak perempuan itu menangis dengan suara mirip bayi singa sehingga singa-singa diduga malah berusaha melindunginya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

8 dari 11 halaman

8. Air Terjun Niagara Falls Membeku

Ilustrasi air terjun membeku. (Sumber Pixabay)

Kawasan sekitar Niagara Falls memiliki pemandangan indah dan menjadi rumah bagi beberapa hewan, termasuk penguin Humboldt.

Selain menjadi salah satu air terjun yang terbaik, banyak yang tidak mengetahui fakta aneh di sana. Ternyata, pernah ada catatan permukaannya membeku.

Kejadian pertama berlangsung pada 1911. Saat itu, karena sangat dingin, air terjun membeku dan sungainya tidak kelihatan lagi. Tapi, air tetap mengalir.

Pada 2014, air terjun itu membeku lagi untuk kedua kalinya.

 

9 dari 11 halaman

9. Melumpuhkan Hiu

(Sumber Pinterest)

Serangan hiu memang mengerikan. Hewan laut itu memiliki gigi-gigi setajam silet yang terus diperbaharui seumur hidupnya.

Ternyata, kalau kita menjungkir hiu secara terbalik -- kepala di bawah dan ekor di atas – makhluk itu pun lumpuh atau koma selama rata-rata 15 menit.

Lain kali, kalau kita diserang hiu, cobalah menjungkir tubuhnya terbalik dengan – secara teori – menempatkan tangan secara lembuat di atas moncongnya.

 

10 dari 11 halaman

10. Larangan Penguburan

Kuburan di kota kecil Longyearbyen yang terletak di pulau Spitsbergen milik Norwegia. (Sumber Wikimedia Commons)

Tahukah kita adanya tempat di dunia ini yang melarang kita mati di sana. Ya, mungkin boleh meninggal di sana, tapi tidak boleh dimakamkan di tanahnya.

Kota kecil bernama Longyearbyen terletak di pulau Spitsbergen milik Norwegia. Larangan meninggal dunia berlaku sejak 1950.

Pulau itu dekat sekali dengan Kutub Utara. Karena lingkungan yang dingin, beberapa jenazah di tempat pemakaman lokal tidak meluruh.

Kenyataannya, ada sampel hidup virus penyebab wabah flu Spanyol 1918 yang ditemukan bertahun-tahun kemudian.

Jadi, warga yang mendekati ajal diterbangkan ke pulau utama hingga saat terakhir hidup mereka.

Artikel Selanjutnya
Seperti Otak Manusia, Makhluk Misterius Ini Bikin Heboh Ilmuwan
Artikel Selanjutnya
7 Fenomena Alam yang Belum Dapat Dijelaskan