Sukses

Jembatan Kaca di China Tiba-Tiba Retak, Ternyata...

Liputan6.com, Hebei - East Taiheng Glasswalk di Provinsi Hebei adalah jembatan kaca transparan sepanjang 266 meter dan lebarnya 2 meter.

Yang mengerikan, jembatan itu tergantung di tebing setinggi 1.180 meter di atas tanah. Melintasinya saja butuh nyali besar. Apalagi jika membayangkan, kaca-kacanya bisa retak saat dipijak. 

Itulah yang terjadi belakangan. Jembatan kaca transparan di China mendadak 'retak' saat dilintasi. Peristiwa itu membuat sebagian pengunjung yang berada di atasnya ketakutan hingga tak sanggup berjalan.

Seperti yang terjadi pada seorang pemandu wisata. Ia panik bukan kepalang saat melihat kaca yang dipijaknya retak. Pria itu tak sanggup berdiri saking paniknya. Korban pun berlutut dan merangkak menghindari apa yang diyakininya sebagai pertanda bahaya. 

Sementara, para wisatawan yang dipandunya hanya bisa terdiam terpaku, menyaksikan sang pemandu berteriak panik. 

Namun, seperti dikutip dari Asia One, Rabu (11/10/2017), ternyata peristiwa pecahnya jembatan kaca tak nyata, hanyalah efek semata, yang merupakan atraksi teranyar di East Taiheng Glasswalk.

East Taiheng Mountain Scenic Spot mengunggah rekaman pria tersebut di Wechat pada 9 Oktober 2017, mengklaim bahwa insiden tersebut terjadi di bagian terakhir jembatan kaca di mana efek khusus itu dipasang.

Tak hanya menampilkan gambaran kaca pecah, tapi juga dilengkapi efek suara dan cahaya. Sensor inframerah dipasang di dekat bagian akhir jembatan kaca, untuk mendeteksi pergerakan manusia, yang kemudian secara otomatis akan mengaktifkan efek kaca pecah tersebut. 

"Retakan tersebut akan mengikuti langkahmu. Wisatawan akan mendengar suara retakan kaca bahkan jika berjalan dengan menutup mata," demikian isi posting-an East Taiheng Mountain Scenic Spot seperti dikutip dari Daily Mail.

Video pemandu wisata yang panik menyebar di dunia maya, memancing reaksi banyak orang. Menurut sebuah komentar di Weibo, efek tersebut berisiko serius memicu serangan jantung dan sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Pemerintah Kabupaten Taihang Timur pun mengeluarkan permintaan maaf secara resmi.

Berikut ini rekamannya:

1 dari 2 halaman

Jembatan Populer

Jembatan kaca gantung di China menjadi populer karena banyak menjadi lokasi foto ekstrem. Sarana itu bahkan pernah menjadi arena yoga massal serta tempat pernikahan.

Salah satu pasangan merayakan hari spesial mereka dengan menggantung di udara dari jembatan di Pingjiang, yang juga terletak di provinsi Hunan.

Meski populer, keamanan jembatan kaca ini kerap menjadi pertanyaan di benak banyak orang. Namun, hal tersebut tak mengurangi antusiame warga untuk bersiap menyambut pembukaan jembatan itu.

Para pejabat bahkan menunjukkan aktivitas ekstrem di atas jembatan kaca China itu, untuk meyakinkan masyarakat keselamatan jembatan.

Para pejabat taman mengatakan maksimal 8.000 pengunjung akan diizinkan menikmati suasana di jembatan setiap hari. Jadi, mereka yang ingin merasakan sensasi baru melintasi jembatan, dianjurkan untuk memesan tiket masuknya.