Sukses

Malaysia Perketat Pengawasan Warga Asing

Agar pemerintah dapat memantau tujuan warga negara asing berada di Malaysia, kini setiap hotel dan lembaga pendidikan tinggi swasta wajib menyerahkan daftar tamu maupun mahasiswa asing ke kantor kepolisian.

Liputan6.com, Kuala Lumpur: Hotel dan lembaga pendidikan tinggi swasta di Malaysia, wajib menyerahkan daftar tamu dan mahasiswa asing ke kantor kepolisian setempat. Hal ini dilakukan agar pemerintah Malaysia dapat memantau tujuan warga negara asing. Orang asing yang berada di Malaysia akan dipantau oleh Departemen Imigrasi.

Menteri Dalam Negeri Malaysia Lee Chee Leong, Selasa (21/12), mengatakan wajib lapor ini bertujuan memerangi kejahatan yang melibatkan orang asing. Ia menambahkan, pemerintah Malaysia akan melaksanakan penegakan hukum secara tegas untuk memastikan bahwa setiap tindakan yang melanggar hukum akan tetap dilakukan terhadap warga asing.

Hal ini juga mencegah banyaknya imigran gelap yang masuk ke negara tersebut. Pemerintah Malaysia telah menjalankan sejumlah cara untuk mengatasi masalah imigran gelap, termasuk pengenalan sistem biometrik di semua titik masuk untuk merekam identitas orang asing yang memasuki negaranya.(DES/ANS/Xinhua)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini