Sukses

Terapi Autisme hingga Anti-Stres, Ini 4 Manfaat Memelihara Kucing

Liputan6.com, New York - Selain memiliki sikap yang penurut, kucing juga dikenal sebagai hewan yang lucu serta menggemaskan.

Bagi kebanyakan orang, binatang berbulu itu tak hanya sekadar hewan peliharaan belaka. Kehadirannya dapat menjadi teman dekat sebagai objek pelipur lara.

Identik dengan suaranya yang khas, ternyata kucing juga memberi banyak manfaat bagi pemiliknya. Bahkan, beberapa di antaranya diklaim bermanfaat bagi manusia dari aspek kesehatan.

Cocok sebagai terapi, meningkatkan suasana hati lebih baik, dan menghilangkan stres adalah beberapa di antara manfaat dari memelihara kucing.

Berikut 4 manfaat memelihara kucing, seperti dilansir dari laman Wonderslist, Senin (9/10/2017):

1 dari 5 halaman

1. Persahabatan

Ilustrasi Kucing (iStockphoto)

Jika Anda kerap merasa kesepian, maka memelihara kucing adalah salah satu alternatif yang dapat Anda pilih untuk mengisi kekosongan hati.

Kucing adalah makhluk yang sangat bersahabat dengan manusia. Mereka dapat membangun hubungan baik tersebut melalui sikap mereka yang begitu menggemaskan.

Sudah banyak contoh kasus persahabatan antara manusia dan kucing yang dapat memberi manfaat besar. Meski kucing tak sama seperti manusia, bentuk persahabatan ini tak kalah seperti pertemanan antara manusia dengan manusia.

2 dari 5 halaman

2. Terapi Autisme

ilustrasi Kucing Tertipu | foto : liputan6.com

Secara umum, manusia yang berkontak langsung dengan hewan peliharaannya menciptakan interaksi sosial. Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang cocok untuk digunakan sebagai alat penyembuh.

Sebuah penelitian di University of Missouri telah membuktikan bahwa interaksi antara para pengidap autisme dengan kucing secara dramatis dapat mengurangi menjadi terapi yang baik bagi autisme.

3 dari 5 halaman

3. Memperbaiki Perasaan Hati

Ilustrasi kucing | Via: istimewa

Menghabiskan waktu dengan kucing membantu meningkatkan mood baik (perasaan hati) Anda.

Ketika Anda tengah merasa terpuruk, maka bermain dengan seekor kucing dapat membantu perasaan Anda jauh lebih baik.

Tingkah kucing-kucing tersebut dipercaya dapat memproduksi semangat dan mood jauh lebih baik lagi. Ketika Anda bahagia, tentu badan dan pikiran Anda akan jauh lebih sehat.

4 dari 5 halaman

4. Mengurangi Stres

Ilustrasi Kucing (iStockphoto)

Dengan memelihara kucing, Anda dapat terhibur karena tingkah lucu dan menggemaskan hewan berbulu tersebut. Tingkat stres Anda pun bisa menurun, bahkan efeknya dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Apabila stres terus berlangsung, beberapa risiko gangguan kesehatan dapat terjadi. Sebut saja serangan jantung, sakit kepala dan depresi yang dapat menyebabkan kematian dini.

Artikel Selanjutnya
Koleksi 5 Tanaman Ini di Rumah Bantu Anda Lebih Bahagia
Artikel Selanjutnya
Seperti Ini Akupunktur pada Anjing, Penasaran?