Sukses

5-10-1947: Kali Pertama Pidato Presiden AS Tayang di Televisi

Liputan6.com, Washington, DC - Pada hari ini di tahun 1947, Harry S. Truman menyampaikan pidato kepresidenan pertama dari Gedung Putih. Truman merupakan Presiden ke-33 Amerika Serikat.

Pidato Truman diterima kalangan terbatas, mengingat saat itu televisi masih dalam masa pertumbuhan. Hanya ada sekitar 44 ribu televisi di seluruh AS dan jumlahnya pun terkonsentrasi di sejumlah kota.

Jumlah televisi masih sangat sedikit dibanding dengan 40 juta radio yang tersebar di AS kala itu. Demikian seperti dikutip dari Politico.

Meski Truman memelopori "ritual" penayangan pidato di televisi yang sekarang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, namun dia bukanlah Presiden pertama yang tampil di layar kaca. Adalah Presiden Franklin D. Roosevelt yang perdana muncul di televisi pada 30 April 1939 saat membuka pameran New York World’s Fair.

Kendati demikian, pidato FDR hanya diperdengarkan di Radio City Music Hall, di pusat kota Manhattan. Keesokan harinya, barulah televisi dilempar ke pasaran seiring dengan mulai siarannya Radio Corp. of America setiap hari. Tak lama, siaran televisi ditangguhkan menyusul terjadinya Perang Dunia II.

Dalam pidatonya kala itu, Presiden Truman meminta rakyat Amerika untuk menyumbangkan makanan bagi warga Eropa yang masih belum pulih dari kehancuran akibat Perang Dunia II.

Seperti dikutip dari History, Truman khawatir jika AS tidak menyediakan bantuan makanan, rencana pemerintahannya untuk memulihkan perekonomian Eropa melalui Marshall Plan akan hancur berantakan.

Marshall Plan merupakan program ekonomi skala besar pemerintahan AS pada tahun 1947 - 1951 yang bertujuan membangun kembali kekuatan ekonomi negara - negara di Eropa setelah Perang Dunia II usai. Inisiatif penamaan diambil dari Menteri Luar Negeri George Marshall.

Pembagian bantuan terkait Marshall Plan ini tidak hanya bagi negara - negara Eropa namun juga negara Asia yang terkena imbas dari Perang Dunia II.

Truman memerintahkan para petani dan penyuling untuk mengurangi penggunaan gandum dan meminta agar masyarakat secara sukarela "melupakan" konsumsi daging pada hari Selasa atau telur dan daging unggas pada hari Kamis serta menyisakan satu iris roti setiap harinya.

Program bantuan makanan ini hanya berumur pendek. Karena Marshall Plan terbukti sukses membantu memacu revitalisasi ekonomi dan pertumbuhan di Eropa.

Pidato Truman menandai dimulainya hubungan kuat serta kompleks antara Gedung Putih dan media yang tak dapat dipungkiri berdampak besar pada kepresidenan Amerika. Mulai dari bagaimana kandidat Presiden berkampanye hingga bagaimana Presiden berkomunikasi dengan konstituen mereka.

Setelahnya tahun itu, seluruh pidato presiden AS ditayangkan di televisi, termasuk pidato pelantikan Truman pada 1949. Sementara itu, pada tahun 1948, Truman tercatat sebagai presiden pertama yang menayangkan iklan politik berbayar di televisi.

Ada pun pada 5 Oktober 2000, peristiwa bersejarah terjadi di Yugoslavia. Negara itu mengalami revolusi Bulldozer yang ditandai dengan demonstrasi besar-besaran di Beograd dan diakhiri dengan mundurnya Presiden Slobodan Milošević dari jabatan Presiden.

Penggemar The Beatles mungkin tahu bahwa 5 Oktober menjadi hari penting karena legenda musik itu mengawali debut mereka dengan meluncurkan single berjudul Love Me Do.

Saksikan Live Streaming INSPIRATO

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Film Baru Song Joong Ki Diputar dalam Festival Film di Spanyol
Artikel Selanjutnya
Cantik dan Pintar, Ini Perjalanan Karier Najwa Shihab