Sukses

Ilmuwan Australia: Sekitar 100 Serangga Hidup di Dalam Rumah

Liputan6.com, Canberra - Seorang pakar entomologi pada unit Koleksi Serangga Nasional Australia di Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (CSIRO), Dr Bryan Lessard, telah menghabiskan waktu selama berjam-jam merangkak di berbagai dapur di Canberra untuk mencari serangga.

Hal itu ia lakukan dalam sebuah proyek untuk mengetahui spesies serangga yang berbagi tempat dengan manusia di rumah-rumah. Itu menjadi studi pertama ahli entomologi melihat secara spesifik makhluk hidup di rumah.

Melalui studi tersebut, ditemukan bahwa dalam satu rumah di Canberra rata-rata terdapat 100 serangga.

"Ada sekitar 62.000 spesies serangga yang tinggal di Australia dan beberapa di antaranya masuk ke rumah kita," kata Lessard.

Dikutip dari Australia Plus, Rabu (4/10/2017), sejumlah serangga yang paling umum ditemukan di rumah tangga antara lain ganjur, kumbang karpet, kutu buku, dan serangga jamur bersayap hitam.

"Kami meminta peserta penelitian kami untuk tidak terlalu khawatir mengenai pembersihan atau penyedotan debu sebelum kami sampai di sana," kata Dr. Bryan Lessard. "Kami ingin rumah-rumah itu persis seperti biasanya," imbuh dia.

Lessard mengatakan, mayoritas serangga di rumah-rumah ditemukan di tempat yang sulit dicapai.

"Banyak serangga ditemukan di balik perapian di ruang tamu atau di dapur di mana banyak remah jatuh di antara celah-celah itu," kata Lessard.

"Banyak spesies yang kami temukan sangat kecil, kebanyakan dari mereka adalah seukuran kepala pin. Anda bahkan tidak tahu Anda tinggal bersama mereka sampai Anda meletakkannya di bawah mikroskop," imbuh dia.

 

1 dari 2 halaman

Jangan Panik

Jika Anda merasa gatal hanya karena memikirkan berapa banyak serangga yang tinggal di celah-celah di sekitar dapur Anda, Lessard menyarankan agar Anda tidak perlu khawatir.

"Anda tidak seharusnya panik karena sebagian besar spesies ini jinak dan mereka tidak akan menyakiti Anda dengan cara apapun," ujar Lessard.

"Beberapa spesies yang kami temukan akan membantu menyingkirkan hama juga.

Lessard memberi contoh kasus tersebut, salah satunya adalah laba-laba Huntsman atau daddy long-leg yang dapat menyingkirkan nyamuk atau lalat yang berusaha masuk ke rumah. Mereka bahkan secara tidak langsung membersihkan rumah.

"Jika Anda mencoba membersihkan rumah anda dengan pestisida dan menyingkirkan semua serangga dari ujung rambut sampai ujung kaki, mereka secara alami akan masuk kembali," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Temuan Mumi 375 Tahun Ungkap Penyakit Hati Tertua di Dunia
Artikel Selanjutnya
Penemuan Spesies Katak Baru, Bentuknya Aneh Bikin Ilmuwan Bingung