Sukses

5 Karakter Kartun Paling Tua yang Ada di Dunia

Selain Putri Elsa dalam film Frozen produksi Disney, ada banyak karakter kartun yang memiliki usia tertua di dunia.

Liputan6.com, New York - Jika Anda pernah berkunjung ke taman bermain Disneyland yang tersebar di beberapa negara, tentu pernah melihat beberapa tokoh dan karakter terkenal yang ada di serial produksi Disney.

Banyak tokoh yang menggambarkan karakter kartun yang sangat digemari oleh banyak anak kecil hingga orang dewasa. Mulai dari tokoh Cinderalla, Snow White, Mickey Mouse dan lainnya.

Belakangan, ada sebuah karakter yang muncul dan langsung digandrungi banyak orang, yaitu Putri Elsa. Perannya dalam film Frozen mengikat hati penggemar dan tentunya menginspirasi banyak anak-anak.

Sosok Elsa yang digambarkan sebagai perempuan berparas cantik dan berkulit putih membuat banyak anak perempuan dari berbagai belahan dunia mengidolakan gadis tersebut. Di balik gaun biru indah dan rambut pirangnya, Elsa memiliki kekuatan super yang mampu membuat istana es hanya dengan gerakan tangan kecilnya.

Disneyland sendiri, terus mencari sosok wanita yang perawakannya dinilai menyerupai Elsa. Mereka akan didandani sedemikian rupa sehingga para pengunjung merasa berjumpa langsung dengan tokoh yang selama ini hanya mereka lihat di layar kaca.

Putri Elsa hanya salah satu dari segelintir tokoh animasi terkenal tersebut. Namun tahukah Anda, siapa saja tokoh kartun tertua yang ada di dunia.

Pasalnya, banyak orang yang mengandrungi tokoh kartun zaman sekarang dan melupakan karakter pertama yang mengisi layar kaca.

Seperti dilansir dari laman Wonderslist, Selasa (3/10/2017), berikut 5 karakter kartun paling tua yang ada di dunia:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Felix The Cat

Felix The Cat (capture/ScreenBlaster13)

Felix The Cat adalah kartun tertua yang diciptakan pada zaman film senyap (film bisu). Karakter ini diciptakan oleh kartunis Otto Messmer dan Pat pada tahun 1919.

Karakter ini diidentifikasi sebagai salah satu karakter kartun paling populer di zaman tersebut. Melalui senyumannya yang lebar, tubuh hitam, mata lebar dan membawa tas ajaib ke mana pun ia pergi, dapat menarik perhatian penggemarnya.

Menjelang akhir tahun 1920, masa kegemilangan Felix The Cat mulai pudar. Hal itu disebabkan oleh bermunculannya film kartun yang sudah bisa bersuara. Salah satunya adalah gebrakan dari kartun Mickey Mouse yang menyebabkan tokoh Felix The Cat mulai dilupakan.

3 dari 6 halaman

2. Mickey Mouse

Keberhasilan Steamboat Willie tidak hanya menyebabkan ketenaran di dunia internasional untuk Walt Disney, tapi juga bagi Mickey Mouse.

Meski masih eksis hingga sekarang, tokoh Mickey Mouse adalah salah satu karakter tertua di dunia. Ia lahir pada tahun 1928 melalui tangan Walt Disney.

Awalnya, tokoh yang menyerupai tikus ini memiliki nama lengkap Mortimer Mouse. namun diganti menjadi Mickey Mouse oleh istri dari Walt Disney, Lilian Disney.

Pada debut pertamanya di film Plane Crazy, pesona Mickey Mouse gagal membuat para distributor terkesan. Pada kesempatan kedua bertajuk Gallopin Gauchi juga tak mampu menggebrak pasar.

Namun, pada kesempatan ketiga melalui film Steamboat Willie, barulah pesona Mickey Mouse mulai dirasa oleh orang banyak.

Pada awal kemunculannya hingga tahun 1929, Mickey Mouse tak bersuara. Hanya ada satu kata yang terus ia utarakan yaitu "Hot dogs" -- yang suaranya diisi sendiri oleh Walt Disney.

4 dari 6 halaman

3. Donald Duck

Liputan6.com/ Ruly Riantrisnanto

Lahir pada tanggal 9 Juni 1934, Donald Duck punya nama asli Donald Fauntleroy Duck. Kelucuan Donald Duck tentu dapat menggelitik Anda. Pesonanya kian semakin populer karena tampilan baju khas pelaut yang sering ia gunakan.

Mengenakan topi dan tak mengenakan celana adalah salah satu ciri yang sangat melekat pada karakter Donald Duck. Meksi begitu, pertengkaran konyol yang sering ia lakukn sangat menggelitik dan penuh dengan kejenakaan.

Penampilan Donald Duck pertama kali tercatat pada tahun 1934 dalam film The Wise Little Hen.

Selain bercerita tentang kelucuan, setiap kisah Donald Duck selalu diselingi dengan kisah cintanya terhadap Daisy Duck.

5 dari 6 halaman

4. Fred Flintstone

Fred Flintstone (Capture/Anita Ferrabone)

Fred Flintstone diciptakan oleh William Hanna dan Joseph Barbera. Karakter Fred pertama kali muncul ke layar kaca pada tahun 1960.

Dalam kehidupannya di layar kaca, Fred Flintstone menikah dengan Wilma Flintstone dan memiliki seorang putri bernama Pebbles.

Fred dan Wilma berteman baik dengan tetangga mereka bernama Barney dan Betty Rubble. Mereka tinggal di kota prasejarah dimana hewan purbakala seperti dinosaurus hidup.

Fred sendiri juga hidup berdampingan dengan dinosaurus. Salah satu dinosaurus peliharaannya bernama Dina. Ciri khusus yang paling melekat pada sosok Fred Flintstone adalah rambut hitam, hidung besar dan baju oranye dengan dasi biru mengikat leher.

6 dari 6 halaman

5. Scooby Doo

Warner Bros berencana merilis film baru Scooby-Doo dalam format animasi. (Wikia.com)

Scooby Doo pertama kali diciptakan oleh William Hanna dan Joseph Barbera pada tahun 1969.

Scooby Doo yang digambarkan sebagai seekor anjing ini berteman baik dengan sekelompok manusia bernama Fred, Velma, Daphne dan Shaggy.

Scooby Doo memiliki hambatan bicara, dan sering memulai kebanyakan kata dengan huruf 'R'. Meski begitu teman-temannya tetap memahami apa yang disampaikan anjing tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.