Sukses

Studi: Manfaat Bersih-Bersih Rumah Sama dengan Berolahraga

Liputan6.com, Vancouver - Mengerjakan pekerjaan rumah ternyata tak hanya membuat senang karena melihat sekeliling kita rapi. Menurut sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal medis The Lancet, hal itu bisa menjadi kunci untuk menjaga kesehatan jantung.

Menurut peneliti Kanada, berolahraga selama 30 menit sehari bisa mengurangi risiko kematian dini sebesar 28 persen. Aktivitas itu juga dapat mengurangi penyakit jantung hingga seperlima.

Namun, Anda tak perlu repot-repot berlari di treadmill untuk merasakan manfaatnya. Para peneliti menemukan, aktivitas seperti berjalan kaki, berkebun, atau melakukan pekerjaan rumah juga memiliki manfaat yang sama.

Studi tersebut didasarkan pada survei 130.000 orang di 17 negara berbeda. Dari penelitian itu ditemukan, tidak peduli bentuk aktvitas yang dipilih, aktif secara fisik dapat memperpanjang umur dan mengurangi penyakit secara signifikan.

Dikutip dari Independent, Selasa (3/10/2017), kurang dari tiga persen partisipan memenuhi kegiatan fisik selama 30 menit melalui aktivitas yang diasosiasikan dengan olahraga, seperti berlari dan berenang. Namun, banyak di antara mereka yang tidak mencapai target standar itu.

"Pergi ke gym memang hal yang bagus, tapi kita memerlukan banyak waktu untuk dapat ke sana. Jika kita bisa berjalan kaki ke tempat kerja, atau pada saat makan siang, hal itu juga akan membantu," ujar penulis utama dan juga spesialis jantung di St Paul's Hospital Canada, Scott Lear, seperti dilaporkan The New Scientist.

Timnya memperkirakan bahwa jika seluruh populasi memenuhi pedoman tersebut -- bergerak aktif setiap hari -- satu dari 12 kematian dini dapat dicegah dan 4,6 persen kasus penyakit jantung dapat dihindari.

Menurut perkiraan Mail Online, aktivitas sederhana seperti menyapu daun atau menggosok bak mandi bisa membakar hingga 200 kalori.

Artikel Selanjutnya
Clean Sleeping, Cara Tidur yang Bikin Tubuh Lebih Sehat
Artikel Selanjutnya
Ketahui Manfaat Minum Air Kelapa Selama 2 Minggu