Sukses

Begini Kerja Bakti ala Game of Thrones dan Marvel Comic di Rusia

Liputan6.com, Siberia - Di beberapa wilayah Indonesia, ketika sejumlah pemuda di sebuah wilayah terdengar meneriakkan kata 'kerja bakti! kerja bakti!', jelas menjadi tanda dimulainya ajang bersih-bersih lingkungan swadaya masyarakat pada akhir pekan.

Namun, ada yang unik dari penyelenggaraan kerja bakti di Kemerovo, Siberia, Rusia pada Sabtu kemarin. Komunitas setempat membalut ajang bersih-bersih itu dengan metode permainan bertajuk program televisi populer. Demikian seperti dikutip dari RBTH Indonesia, Minggu (1/10/2017).

Pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan kerja bakti dilakukan dengan mengangkat tema berdasarkan karakter Marvel Heroes, seperti 'Guardians of the Galaxy' dan 'Wolverine'. Namun, tahun ini, panitia mengangkat tema serial televisi populer Amerika Serikat, Game of Thrones.

Seluruh peserta kerja bakti dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membersihkan 'benteng sampah' di Novokuznetsk, Kemerovo.

"Tahun ini masing-masing kelompok akan dipimpin oleh karakter Game of Thrones seperti Night King, Jon Snow, Jaime Lannister, Tormund si pemimpin suku orang- orang liar (wildling), dan Yara Greyjoy,” kata fasilitas pers dinas lingkungan dan kebersihan setempat.

(Sumber: Committee for Environmental Protection and Natural Resources, Novokuznetsk, Rusia)

Serunya aktivitas semakin bertambah ketika salah satu kelompok juga ditugaskan membersihkan sampah di pulau yang hanya bisa ditempuh dengan kapal.

Selain itu, demi menarik minat peserta, penyelenggara kegiatan juga akan menyiapkan hadiah kejutan bagi para peserta kerja bakti.

(Sumber: Committee for Environmental Protection and Natural Resources, Novokuznetsk, Rusia)

Untuk bisa mendapatkan hadiah tersebut, para peserta harus menggali sampah dan menemukan bola yang tersembunyi di dalam tumpukan sampah. Bola-bola yang berhasil dikumpulkan tersebut nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah.

Kerja bakti dengan tema khusus di Novokuznetsk ini telah dilakukan selama beberapa tahun dengan slogan 'untuk membersihkan sampah, tak perlu jadi pahlawan super dulu'. Kegiatan kerja bakti itu juga merupakan bagian dari proyek 'Rusia Hijau'.

Artikel Selanjutnya
Keren, Gamer Rombak Tomb Raider Lawas dengan Unreal Engine 4
Artikel Selanjutnya
Kecerdasan Buatan Tulis Novel ke-6 Game of Thrones hingga Tuntas