Sukses

Hello Kitty hingga Star Wars, Ini 4 Pesawat dengan Lukisan Unik

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa kota dunia memberikan ruang publik yang mengizinkan ekspresi seni, misalnya dalam bentuk lukisan mural. Kini, ruang ekspresi seni juga merambah ke angkasa.

Ya, saat ini sejumlah maskapai mengizinkan badan pesawat miliknya dilukis dengan tema tertentu. Biasanya, tema tersebut terkait dengan suatu acara atau perayaan.

Seniman buta bernama John Bramblitt dari Denton misalnya, melukis para pemusik Queen, Rihanna, Guns N' Roses, dan Shakira pada tubuh pesawat untuk menyambut festival musik Rock in Rio.

Sementara itu, perusahaan penerbangan Emirates lebih serius lagi dalam menghias armada mereka. Perusahaan itu bahkan mendirikan Emirates Aircraft Appearance Centre yang menjadi fasilitas pengecatan terbesar sedunia yang dimiliki oleh suatu perusahaan penerbangan.

Sejak 2015, fasilitas itu telah mengecat ulang 33 pesawat jet dalam armada mereka dengan tema Real Madrid A380, Paris Saint-Germain A380, Arsenal 777, AC Milan A380, Arsenal A380, dan United for Wildlife A380.

Selain tema perayaan atau olahraga, seperti dirangkum dari Oddee pada Sabtu (30/9/2017), berikut adalah 4 tampilan lukisan badan pesawat nan unik, mulai dari tokoh kartun hingga film:

1 dari 5 halaman

1. Hello Kitty, EVA

Hello Kitty, EVA. (Sumber Wikimedia Commons)

Sebuah Boeing 777-300ER milik penerbangan EVA (Taiwan) diberi lukisan tokoh kartun melalui kerja sama dengan studio animasi Sanrio. Pesawat itu pun mendapat panggilan kesayangan Hello Kitty Shining Star.

Sejumlah Jet EVA generasi ke-2 itu, melayani penumpang dari Chicago dan kawasan Midwest lain di AS ke Asia dan China.

Tema Hello Kitty tak hanya terdapat di badan pesawat. Para penumpang dikelilingi oleh karakter-karakter animasi menggemaskan tersebut, mulai dari sandaran kepala, bantal, kantong muntah, hingga kertas tisu toilet.

Untuk makan malam, para penggemar bisa memesan sayuran dan makanan berbentuk tokoh kucing itu. Bahkan, para awak pesawat pun mengenakan seragam khusus Hello Kitty.

 

2 dari 5 halaman

2. Frozen, WestJet

Frozen, WestJet. (Sumber Wikimedia Commons)

Pada 2013, perusahaan penerbangan WestJet di Kanada mengecat pesawat dengan tema Frozen. Tokoh-tokoh seperti Anna, Elsa, dan Olaf pun menghiasi bagian dalam dan luar pesawat.

Para pelukis memerlukan lebih dari 644 liter cat untuk melukis sebuah Boeing 737, mulai dari hidung hingga ke ekor pesawat, di Forth Worth, negara bagian Texas.

Pengecatan dilakukan oleh enam awak yang masing-masing bekerja bergantian dalam shift 12 jam selama 21 hari tanpa henti.

Dalam lukisan itu, Elsa melambaikan tangan untuk menciptakan salju sepanjang badan pesawat. Sementara itu, Olaf si manusia salju sedang berjemur di bagian depan.

 

3 dari 5 halaman

3. Dragon Smaug, Air New Zealand

Smaug, Air New Zealand. (Sumber Flickr)

Pada 2013, penerbangan nasional Selandia Baru meresmikan gambar raksasa naga Smaug pada pesawatnya. Hal itu merupakan bagian dalam penayangan perdana film kedua dalam trilogi The Hobbit: The Desolation of Smaug.

Gambar naga setinggi 54 meter itu dibentangkan sepanjang dua sisi badan pesawat Boeing 777-300 yang dijadwalkan terbang ke Los Angeles untuk penayangan perdana film tersebut.

Itulah pertama kalinya para penggemar film Hobbit bisa melihat tampilan sepenuhnya naga tersebut. Dalam film pertama, hewan mistis itu hanya dimunculkan matanya. 

4 dari 5 halaman

4. Star Wars, All Nippon Airways

Star Wars, All Nippon Airlines di bandara Narita, Jepang, Juni 2017. (Liputan6.com/Alexander Lumbantobing)

Bersamaan dengan peluncuran film "Star Wars The Force Awakens" pada 2015, perusahaan All Nippon Airways (ANA) dari Jepang meluncurkan desain luar pesawat bertema Star Wars selama 5 tahun.

Salah satunya adalah pengecatan sebuah Boeing 787-9 Dreamliner dengan sosok robot R2-D2. Hal itu seakan menjadi bukti bahwa droid itu memang mampu menumpang penerbangan.

 

Saksikan Live Streaming INSPIRATO

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
UNIQLO Luncurkan Koleksi UT Musim Dingin 2017
Artikel Selanjutnya
Berbentuk Kapal Star Wars, Ini Lego Termahal di Dunia