Sukses

Bak Makhluk Khayalan, Ini 5 Spesies Hewan yang Baru Ditemukan

Liputan6.com, Zagreb - Setelah dilakukan penjelajahan darat dan air, ilmuwan kembali menemukan sejumlah spesies dan makhluk-makhluk baru yang belum pernah kita ketahui.

Jumlahnya pun tak sedikit. Para peneliti menemukan ratusan spesies baru setiap tahun.

Diringkas dari Wonderslist.com pada Sabtu (30/9/2017), makhluk-makhluk itu memiliki bentuk-bentuk menarik, seakan seperti makhluk khayalan yang ada dalam novel atau fillm.

Berikut ini adalah 5 spesies yang baru ditemukan:

1 dari 6 halaman

1. Eriovixia Gryffindori

Eriovixia Gryffindori. (Sumber Twitter/@casidoodle)

Eriovixia Gryffindori juga dikenal sebagai laba-laba Harry Potter karena bentuknya yang mirip dengan topi dalam buku novel itu.

Hewan ini ditemukan di Karnataka, India, oleh Javed Ahmed, Rajashree Khalap dan Sumukha Javagal.

Ia memiliki bentuk yang aneh dengan bagian bawah yang lebar, tapi menguncup di bagian atas sehingga menjadi mirip dengan daun kering.

Sekujur tubuhnya ditumbuhi dengan bulu-bulu halus berwarna putih dan kuning muda.

 

2 dari 6 halaman

2. Bekicot Darat Berkubah

Zospeum tholussum. (Sumber Pinterest)

Bekicot darat berkubah ini memiliki nama ilmiah Zospeum tholussum yang ditemukan dalam sebuah sistem gua di Kroasia.

Bekicot berkubah ini memiliki cangkang tembus pandang. Ia mempunyai 5 hingga 6 jonjot sehingga bentuk tubuhnya mirip hantu. Hewan ini hidup dalam kegelapan total, yakni sekitar 1,8 kilometer di bawah permukaan tanah, di dalam gua-gua Lukina Jama-Trojama.

Menurut para ilmuwan, bekicot tersebut bergerak beberapa sentimeter per minggu, lebih lambat daripada bekicot pada umumnya. Ia diduga menumpang pada bekicot jenis lain ataupun hewan lain dalam gua ketika perlu pergi jauh.

3 dari 6 halaman

3. Eulophophyllum kirki

Eulophophyllum kirki. (Sumber Twitter/@evolvwing)

Eulophophyllum Kirki adalah jenis tonggeret (katydid) yang ditemukan ketika para ilmuwan sedang mencari tarantula dan ular dalam wilayah Malaysia di pulau Kalimantan.

Uniknya, hewan betina makhluk ini memiliki warna merah cerah sehingga mudah terlihat, sedangkan pejantannya memiliki warna hijau.

Baik hewan jantan maupun betina sama-sama memiliki pembuluh yang tersusun mirip dengan pembuluh dedaunan.

 

4 dari 6 halaman

4. Pheidole drogon

Pheidole Drogon. (Sumber Twitter/@Forentom)

Pheidole drogon adalah spesies semut baru yang bentuknya mirip dengan naga penyembur api milik Khaleesi dari serial Games of Thrones. Nama hewan itu berasal dari karakter tersebut.

Spesies semut itu ditemukan di Papua Nugini. Mereka terlihat unik dengan duri tajam di punggung dan bahu untuk keperluan perlindungan dari para pemangsa.

Para peneliti berhasil mencirikan Pheidole drogon dengan menggunakan teknologi pencitraan 3D.

Menurut para peneliti, susunan tak biasa otot-otot di bawah durinya membantu hewan itu menahan kepala yang berukuran terlalu besar. Ditambah lagi otot-otot yang membantu mereka mengangkat benda besar dan berat.

 

5 dari 6 halaman

5. Illacme tobini

Illacme Tobini. (Sumber Wikipedia)

Illacme tobini adalah spesies baru ulat berkaki seribu. Hewan itu ditemukan dalam gua di selatan pegunungan Sierra Nevada, negara bagian California, Amerika Serikat.

Makhluk tersebut memiliki 414 kaki, 200 kelenjar racun, dan 4 penis. Namun, mereka tidak memiliki mata.

Selama hidupnya, bagian tubuhnya tersebut bertambah. Illacme tobini memiliki corong setiap 100 segmen untuk keperluan menyemprotkan zat kimia demi pertahanan diri terhadap bahaya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Seperti Otak Manusia, Makhluk Misterius Ini Bikin Heboh Ilmuwan
Artikel Selanjutnya
7 Hal Paling Aneh di Dunia Ada dalam Buku Misterius Ini